Soal Nisan Tumbang di Kerkhoff Banda Aceh, Yayasan: Sebenarnya Inilah Bukti Kehebatan Bangsa Aceh

Selain untuk menjaga kelestarian bukti sejarah, keberadaan Kerkhoff nyatanya mampu menarik minat wisatawan asing.

Soal Nisan Tumbang di Kerkhoff Banda Aceh, Yayasan: Sebenarnya Inilah Bukti Kehebatan Bangsa Aceh
SERAMBINEWS.COM/HARI MAHARDHIKA
Belasan nisan di pemakaman militer Belanda, Kerkhoff Peucut di Banda Aceh, diduga dirusak orang tak bertanggung jawab, Minggu (8/7/2018). 

Laporan Eddy Fitriady | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Kejadian tumbangnya belasan nisan di pemakaman militer Belanda masa lalu, Kerkhoff Peucut di Blower, Banda Aceh, Minggu (8/7/2018) malam mengundang reaksi dari pihak Yayasan Dana Peucut (Stichting Peutjut Fonds), yang selama ini ikut merawat makam.

Perwakilan yayasan, Rusdi Sufi menyesalkan dugaan pengrusakan penanda kuburan para serdadu penjajah yang terbuat dari semen itu oleh sejumlah orang tak dikenal.

Menurut dia, semestinya sudah menjadi kewajiban Pemerintah Aceh, Pemko Banda Aceh, Yayasan Dana Peucut, dan masyarakat untuk menjaga Kerkhoff.

Baca: Belasan Nisan di Kompleks Kuburan Prajurit Belanda di Banda Aceh Patah dan Tumbang  

“Kami berharap ke depan pemerintah dapat memperketat pengamanan di Kerkhoff. Memang kuburan orang nonmuslim, tapi sebenarnya ini lah bukti kehebatan bangsa Aceh dalam melawan Belanda dulu,” ujar Rusdi, Senin (9/7/2018).

Dikatakan, ada begitu banyak serdadu Belanda yang mati dalam peperangan di Indonesia, namun hanya Aceh lah yang memiliki bukti fisik makamnya.

Selain untuk menjaga kelestarian bukti sejarah, lanjut Rusdi, keberadaan Kerkhoff nyatanya mampu menarik minat wisatawan asing.

Baca: Diduga Depresi, Adik Ratu Belanda Ditemukan Tewas Tergantung di Kamar Apartemennya

“Mereka (turis asing) terheran-heran, kok bisa Aceh punya makam tentara Belanda. Saya berharap pemerintah dapat lebih peduli terhadap Kerkhoff ini,” kata Rusdi lagi.

Dia menyebutkan, di tempat itu dikuburkan militer Belanda mulai dari pangkat terendah hingga jenderal.

"Bahkan juga ada serdadu sewaan Belanda dari Belgia," pungkasnya. (*)

Penulis: Eddy Fitriadi
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved