Menyalakan AC Saat Masuk Mobil Ternyata Berbahaya, Ini Dampaknya

Jadi jika kita langsung menyalakan AC setelah masuk mobil, zat Benzena di sela-sela dashboard akan ditiup dan terhirup oleh kita.

Menyalakan AC Saat Masuk Mobil Ternyata Berbahaya, Ini Dampaknya
Intisari online

SERAMBINEWS.COM - Kita pasti pernah merasakan saat pertama kali masuk ke dalam mobil yang terjemur matahari. Udara terasa pengap dan kadang tercium bau plastik.

Biasanya kalau sudah begitu, kita kepingin segera menyalakan AC. Namun, kabarnya kebiasaan itu tidak baik loh untuk kesehatan.

Menurut penelitian di University of California (UC), komponen interior seperti dashboard, jok, dan lainnya akan memproduksi zat Benzena apabila terkena suhu panas.

Jadi jika kita langsung menyalakan AC setelah masuk mobil, zat Benzena di sela-sela dashboard akan ditiup dan terhirup oleh kita.

Baca: Mantan Cleaning Service RSUZA Divonis Bebas

Selain bisa menyebabkan kanker, Benzena juga bisa meracuni tulang, menyebabkan anemia, dan menurunkan jumlah sel darah putih.

American Cancer Society (ASC) pun mencatat, Benzena terbukti dapat menyebabkan kanker.

Tapi umumnya Benzena baru bisa memicu kanker apabila dalam jumlah yang sangat banyak. Misalnya di pabrik bahan kimia, sepatu, ataupun penyulingan minyak.

Lalu apakah unsur benzena yang dihasilkan interior mobil cukup banyak hingga dapat menyebabkan kanker?

Baca: VIDEO - Ngopi Bareng Saat Jam Sekolah, Enam Siswa Diciduk Satpol PP Banda Aceh

 
Kembali pada penelitian di UC. Menurutnya, tingkat Benzena di dalam ruangan yang masih bisa ditoleransi manusia adalah 50 mg/kaki persegi.

Jika sebuah mobil terparkir di dalam ruangan dengan jendela tertutup, akan mengandung 400-800 mg Benzena.

Halaman
12
Editor: Fatimah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved