Dinilai Bersalah Karena Menunjuk PT Komara Idola

SURIANI selaku ketua pengadaan barang alat kedokteran radiologi MRI 3 Tesla untuk RSUDZA dalam putusan kasasi

Dinilai Bersalah Karena  Menunjuk PT Komara Idola
State Assembly Woman (Perwakilan Menteri Pemberdayaan Perempuan) Pulau Tikus, Penang YB Yap Soo Huey, Kamis (24/10), meninjau mesin MRI 3 Tesla Magnetom Skyra di Rumah Sakit LohGuanLye Specialists Centre, Penang, Malaysia. Mesin pendeteksi penyakit ini merupakan alat scan terbaru buatan Siemens dan baru dimiliki oleh Rumah Sakit LohGuanLye Specialists Centre. SERAMBI/MASYITAH RIVANI 

SURIANI selaku ketua pengadaan barang alat kedokteran radiologi MRI 3 Tesla untuk RSUDZA dalam putusan kasasi dinyatakan bersalah sebab tidak melaksanakan tugas sebagaimana mestinya karena telah menunjuk PT Komara Idola sebagai pemenang tender, padahal perusahaan tersebut tidak memenuhi syarat.

Selain Suriani, dalam kasus ini juga terlibat Direktur Utama PT Komara Idola, Kartini Hutapea, namun terakhir ia divonis bebas pada tingkat MA. Penyimpangan itu terjadi berkat adanya kerjasama antara terdakwa selaku ketua panitia, Muhazar selaku sekretaris panitia, bersama-sama panitia lain.

Meski adanya pelanggaran, dr Taufik Mahdi SpOG selaku pengguna anggaran saat itu telah menandatangani penetepan pemenang lelang dan kontrak kerja bersama Kartini Hutapea serta telah pula menandatangani SPM sebagai kelengkapan pembayaran proyek itu.

Selain itu, pihak RSUZA juga telah membayar lunas proyek pembelian alat radiologi MRI 3 Tesla kepada PT Komara Idola senilai Rp 30.738.715.910 yang bersumber dari dana APBA tahun 2009.

Dalam pembayaran itu ternyata telah terjadi penggelembungan harga karena pembayaran dilakukan di atas harga pasar yakni Rp 22.183.875.725. Sehingga negara dirugikan sebesar Rp 8 miliar lebih akibat terjadinya selisih pembayaran. Saat ini Suriani ditahan di Lapas Lhoknga sejak 11 Oktober 2007.(mas)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved