Kawanan Gajah Ganggu 3 Gampong

Kawanan gajah liar kembali mengganggu warga di tiga gampong dalam Kecamatan Geumpang, Pidie, sejak tiga minggu terakhir

Kawanan Gajah  Ganggu 3 Gampong
IST
Seekor gajah liar yang terpisah dari kelompoknya mengobrak-abrik tanaman milik warga di Keumala, Rabu (6/12/2017). 

SIGLI- Kawanan gajah liar kembali mengganggu warga di tiga gampong dalam Kecamatan Geumpang, Pidie, sejak tiga minggu terakhir. Gampong yang menjadi sasaran gerombolan gajah adalah Pulo Lhoi, Bangkeh, dan Keune.

Mantan Imum Mukim Geumpang, M Sabi, kepada Serambi, Jumat (20/7) mengatakan, kawanan gajah sudah tiga minggu terakhir ini mondar-mandir di tiga gampong dalam Kecamatan Geumpang, yakni Gampong Pulo Lhoi, Bangkeh, dan Keune. Warga cukup terganggu dengan hadirnya satwa dilindungi tersebut.

Kata M Sabi, masyarakat sangat marah karena padi yang siap panen kini diobrak-abrik hewan berbadan besar tersebut. Warga tidak mampu menghalau satwa langka itu, hanya mengandalkan marcon dan menghidupkan api.

“Kita menghalau gajah menggunakan marcon berdaya ledak rendah justru binatang tersebut tidak takut. Kecuali, kita menggunakan marcon berdaya ledak tinggi baru kawanan gajah lari. Tapi, kita tidak sanggup membeli marcon tersebut,” ujarnya.

Ia menambahkan, terkadang warga harus lari saat kawanan gajah mengamuk. Petani akhirnya pasrah dengan membiarkan padi siap panen menjadi santapan satwa langka tersebut. Warga sudah lelah melaporkan ke Pemkab, tapi terkesan pemerintah kurang peduli. Buktinya, gajah liar terus dibiarkan pemerintah merusak tanaman padi warga. Dengan gangguan gajah tersebut otomatis petani tidak bisa mencari rezeki di kebun maupun dengan cara menanam padi.

“Padi kami selalu gagal panen akibat diserang gerombolan gajah. Sebelumnya, tanaman di kebun diganggu gajah. Petani di Geumpang tidak nyaman lagi bercocok tanam sejak gajah keluar dari hutan lindung,” pungkasnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Pidie, Ainal Mardiah, kepada Serambi, kemrin sore, tidak mau berkomentar saat ditanyakan soal kawanan gajah liar yang mengganggu warga Geumpang. (naz)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved