OTT di Lapas Sukamiskin

OTT di Lapas Sukamiskin Seret 3 Nama Ini, KPK Pernah Sita 17 Unit Mobil Mewah dari Sang Koruptor

Dalam kasus proyek senilai Rp 200 miliar itu, Fahmi terbukti menyuap Eko Susilo, pejabat di Bakamla sebesar Rp 2 miliar.

OTT di Lapas Sukamiskin Seret 3 Nama Ini, KPK Pernah Sita 17 Unit Mobil Mewah dari Sang Koruptor
(TRIBUNNEWS/DANY PERMANA )
Mobil mewah jenis Lamborghini, Ferrari, Bentley, Rolls Royce, dan Nissan GTR milik Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan disita oleh Komisi Pemberantasan Korupsi, diparkir di halaman Kantor KPK, Jakarta, Selasa (28/1/2014). Penyitaan dilakukan terkait dengan pencucian uang yang dilakukan adik Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah tersebut. 

SERAMBINEWS.COM- Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Kalapas Sukamiskin, Wahid Husen diduga sekurangnya menyeret tiga nama narapidana kasus korupsi kelas kakap.

Ketiganya itu adalah pengusaha Fahmi Darmawangsa, mantan Bupati Bangkalan Madura Fuad Amin Imron, dan Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan, pengusaha yang juga adik mantan Gubernur Banten Atut Chosiyah.

Fahmi adalah terpidana 2 tahun 8 bulan penjara dalam kasus korupsi pengadaan alat monitoring satelit di Badan Keamanan Laut (Bakamla). Dalam kasus proyek senilai Rp 200 miliar itu, Fahmi terbukti menyuap Eko Susilo, pejabat di Bakamla sebesar Rp 2 miliar. Uang suap sebesar itu pun hanya bentuk uang muka dari total komitmen fee sebesar Rp 15 miliar.

Baca: Mobil Neno Warisman Dibakar, Para Tokoh Bersuara, Kaitkan Dengan Tagar 2019 Ganti Presiden

Sementara Fuad Amin Imron adalah terpidana 13 tahun penjara kasus korupsi dana APBD Kabupaten Bangkalan dan suap jual beli gas alam. Sejumlah harta benda Fuad yang disebut-sebut sebagai orang kuat di Madura ini sudah dirampas oleh negara. Satu harta yang disita antara lain sebidang tanah yang nilainya mencapai Rp 16 miliar. Harta lainnya yang dirampas adalah sejumlah kendaraan.

Adapun Wawan, pengusaha yang termasuk dalam lingkaran dinasti keluarga Atut Chosiyah ini adalah terpidana 7 tahun penjara kasus suap Pilkada Lebak dan korupsi proyek alat kesehatan. Wawan juga tersangkut kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Tak heran, harta bendanya pun disita oleh negara.

Baca: Sabang Jazz Festival 2018 Usung Konsep City Walk, Ini Jadwalnya

Wawan dikenal flamboyan karena selain mengoleksi sejumlah mobil mewah yang kemudian disita oleh KPK,  kontraktor  ini juga disebut-sebut telah menghadiahi satu unit mobil untuk artis Jennifer Dunn. Nama terakhir kini meringkuk di penjara karena tersangkut kasus narkotika.

Dari tangan Wawan, KPK sedikitnya menyita 17 mobil mewah. Satu di antaranya adalah mobil Roll Royce seharga Rp 14 miliar. "Contohnya Rolls Royce. Belum pernah KPK sita Rolls Royce yang harganya mencapai Rp14 miliar," kata juru bicara KPK saat itu Johan Budi kepada wartawan di kantor KPK, Jakarta pada Selasa (28/1/2014).

Selain Roll Royce dari tangan Wawan, KPK juga menyita mobil lainnya yaitu, Nissan GTR, Ferrari, Bentley, Lambhorgini dan Lexus 460 L. Turut pula disita sepeda motor Harley Davidson.

Baca: Gara-gara Mendag Sebut Harga Telur Naik Karena Piala Dunia 2018, Indonesia Jadi Sorotan Media Asing

Fuad dan Wawan Tak Ada di Lapas

Informasi yang diperoleh Tribun Jabar, saat OTT yang dilakukan KPK terhadap Kalapas Sukamiskin Wahid Husen digelar, Fuad dan Wawan sedang dirawat di satu rumah sakit, diluar lapas.

Halaman
12
Editor: Fatimah
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved