Luar Negeri

China Kembangkan Teknologi Kapal Selam Nirawak, Dilengkapi Kecerdasan Buatan

Nantinya kapal selam akan ditujukan untuk berbagai misi, mulai dari pengintaian, pemasangan ranjau atau bahkan misi peledakan

China Kembangkan Teknologi Kapal Selam Nirawak, Dilengkapi Kecerdasan Buatan
Sebuah kapal selam milik Angkatan Laut China saat peringatan 60 tahun berdirinya Tentara Angkatan Laut Pembebasan Rakyat pada 2009, di lepas pantai Qingdao di Provinsi Shandong.(AFP / GUANG NIU) 

SERAMBINEWS.COM, BEIJING - China tengah mengembangkan sebuah teknologi kapal selam nirawak yang akan dilengkapi dengan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Kapal selam tanpa awak tersebut direncanakan bakal siap beroperasi pada 2020-an.

Nantinya kapal selam akan ditujukan untuk berbagai misi, mulai dari pengintaian, pemasangan ranjau atau bahkan misi peledakan diri untuk menghancurkan kapal musuh.

Meskipun didesain sebagai kapal selam otonomatis, namun ukuran kapal selam canggih ini akan berukuran cukup besar dan dengan biaya produksi yang relatif murah.

"Meskipun tidak sampai menggantikan kapal selam yang dioperasikan manusia, namun kapal selam tanpa awak ini bakal menantang lokasi-lokasi strategis yang ditetapkan angkatan laut Barat usai Perang Dunia II."

Baca: Ini 3 Bocah Ajaib Termahal di Dunia, Salah Satunya Melebihi 650 Mobil Alphard Terbaru

Baca: Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Beri Kamera Mahal pada Bowo dan Nurrani, Segini Harganya

 "Kapal selam ini akan ditujukan terutama untuk pasukan AS di perairan strategis seperti Laut China Selatan dan Samudera Pasifik barat," kata para peneliti yang terlibat dalam proyek ini.

Melansir dari SCMP, proyek kapal selam dengan AI ini merupakan bagian dari rencana ambisius China untuk meningkatkan kekuatan angkatan lautnya.

Teknologi Masa Depan

Sebelumnya, China telah membangun fasilitas pengujuan terbesar untuk kapal nirawak di Zhuhai, Provinsi Guangdong.

Selain itu, peneliti militer juga tengah mengembangkan sistem pendukung bantuan AI untuk komandan kapal selam yang bakal membantu kapten mengambil keputusan dengan lebih cepat dan akurat.

Di masa depan, kapal selam tanpa awak ini akan dapat saling berkoordinasi dengan sistem militer di darat, laut, dan udara, serta dapat menyelesaikan misi tanpa intervensi manusia.

Baca: 3 Jenis Obat Ini Segera Ditarik BPOM Karena Dapat Memicu Kanker, Catat Ya!

Baca: BREAKING NEWS - Polisi Bekuk Tersangka Peneror Bom di Jalan Pari Lampriek

Halaman
12
Editor: faisal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved