Ini Jumlah Bacaleg di Aceh Utara Tidak Ikut Uji Baca Alquran dan tak Lulus

Parpol dapat mengajukan bacaleg pengganti tersebut dalam masa perbaikan berkas dari 22 sampai 31 Juli

Ini Jumlah Bacaleg di Aceh Utara Tidak Ikut Uji Baca Alquran dan tak Lulus
SERAMBINEWS.COM/SAIFUL BAHRI
Para bakal calon legislatif (Bacaleg) dari berbagai partai politik (parpol), Senin (16/7/2018) mulai mengikuti uji baca Alquran di Masjid Agung Islamic Center Lhokseumawe. 

Laporan Jafaruddin I Aceh Utara

SERAMBINEWS.COM, LHOKSUKON – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Utara mengadakan uji mampu baca Alquran pada Kamis-Sabtu (19-21/7/2018). 

Jumlah bakal calon legislatif (bacaleg) dari 19 partai politik yang tidak mengikuti uji mampu baca Alquran  mencapai 41 orang dari jumlah yang didaftarkan 635 orang.

Sedangkan dari 594 bacaleg yang mengikutinya, tiga di antaranya tidak lulus, sehingga langsung dinyatakan gugur.

Baca: Bule Norwegia Nikahi Gadis Aceh Utara Viral di Medsos, Ini Penjelasan Ayah Kandung Dara Baro

“Jadi KIP memberikan kesempatan terakhir kepada 41 bacaleg yang tak mengikuti sebelumnya. Jadwalnya sudah kita tetapkan pada, Kamis (26/7). Jika mereka tidak mengikuti juga pada hari tersebut, maka mereka langsung dinyatakan gugur,” ujar Ketua KIP Aceh Utara Zulfikar SH kepada Serambinews.com, Selasa (24/7/2018).  

Selain itu kata Zulfikar, KIP juga memberikan kesempatan kepada tiga bacaleg pengganti yang diajukan partai politik untuk mengikuti uji tersebut pada jadwal yang sudah ditentukan.

Parpol dapat mengajukan bacaleg pengganti tersebut dalam masa perbaikan berkas dari 22 sampai 31 Juli. Tapi dalam batas waktu tersebut tak diajukan, juga berlaku hal yang sama, gugur.(*)

Penulis: Jafaruddin
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved