Banyak Bacaleg di Aceh Timur Gugur, 44 Orang tak Hadir, Ini Jumlah yang tidak Mampu Baca Alquran

“Karena itu ke-15 bacaleg yang tidak mampu baca alquran, dan 44 orang bacaleg yang tidak hadir uji kemampuan baca alquran ini dinyatakan gugur,”

Banyak Bacaleg di Aceh Timur Gugur, 44 Orang tak Hadir, Ini Jumlah yang tidak Mampu Baca Alquran
SERAMBINEWS.COM/DEDE ROSADI
ILUSTRASI -- Bakal calon anggota DPRK Aceh Singkil mengikuti uji mampu baca Alquran, Senin (23/7/2018). 

Laporan Seni Hendri | Aceh Timur 

SERAMBINEWS.COM, IDI - Ketua KIP Aceh Timur, Iskandar A Gani, mengatakan hanya 496 orang bakal calon legislative (Bacaleg) DPRK Aceh Timur yang hadir mengikuti uji kemampuan baca alquran dari 540 orang yang didaftarkan oleh 18 parpol peserta pemilu 2019.

“Dari jumlah 496 orang bacaleg yang mengikuti uji kemampuan baca alquran itu hasilnya 15 orang dinyatakan tidak mampu membaca alquran,” ungkap Ketua KIP Aceh Timur Iskandar A Gani kepada Serambi, Rabu malam.

Selain itu, jelas Iskandar, sebanyak 44 orang bacaleg tidak hadir mengikuti uji kemampuan baca alquran selama jadwal uji coba dibuka pada 22-24 Juli 2018.

Baca: Masih Ada Mantan Napi Korupsi Terdaftar Sebagai Bacaleg DPRK Abdya, KIP Enggan Komentari, Kenapa?

“Karena itu ke-15 bacaleg yang tidak mampu baca alquran, dan 44 orang bacaleg yang tidak hadir uji kemampuan baca alquran ini dinyatakan gugur,” jelas Iskandar.

Selanjutnya, sambung Iskandar, KIP Aceh Timur, meminta kepada masing-masing ketua parpol untuk mempersiapkan calon pengganti untuk menggantikan bacaleg yang tidak hadir, dan bacaleg yang tidak mampu baca alquran.

“Waktu pengajuannya pada 27 Juli. Kita minta ketua parpol saat mengajukan bacaleg pengganti agar membawa bacalegnya agar langsung diuji kemampuan baca alquran, karena masa pengajuan bacaleg pengganti ini hanya satu hari,” jelas Iskandar.

Baca: Lima Bacaleg DPRK Abdya tidak Lulus Uji Baca Alquran, 70 Orang tak Hadir

Selain itu, Iskandar, juga mengingatkan ketua parpol untuk segera mempersiapkan dan melengkapi berkas bacaleg yang belum memenuhi syarat (BMS) administrasi saat diajukan ke KIP Aceh Timur sebelumnya.

“Kita ingatkan kembali kepada ketua parpol bagi yang merasa bacalegnya belum memenuhi syarat agar segera memasukkan kembali berkasnya ke KIP Aceh Timur, karena masa perbaikan hanya sampai 31 Juli 2018,” jelas Iskandar.

Setelah parpol mengajukan bacaleg pengganti yang langsung diuji kemampuan baca alquran, dan setelah semua parpol melengkapi syarat bacalegnya selama masa perbaikan, selanjutnya KIP Aceh Timur, akan menetapkan daftar calon caleg sementara.

“Kita akan menyusun dan penetapan daftar calon caleg sementara (DCS) pada 8-12 Agustus 2018 mendatang,” tutup Iskandar. (*)

Penulis: Seni Hendri
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved