Lima Bacaleg DPRK Abdya tidak Lulus Uji Baca Alquran, 70 Orang tak Hadir

Pengujian dilakukan oleh tim penguji dari tiga lembaga, yaitu Kemenag, MPU dan LPTQ masing-masing tiga orang.

Lima Bacaleg DPRK Abdya tidak Lulus Uji Baca Alquran, 70 Orang tak Hadir
SERAMBINEWS.COM/ZAINUN YUSUF
Sekitar 374 bakal calon legisllatif (bacaleg) DPRK Abdya dari 17 parpol, mengikuti uji baca Alquran yang dilaksanakan KIP setempat selama dua hari, berakhir Rabu (25/7/2018) sore. 

Laporan Zainun Yusuf| Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE –  Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), menggelar uji baca Alquran terhadap bakal calon legislatif (bacaleg) DPRK setempat selama dua hari, berakhir Rabu (25/7/2018) sore.  

Pengujian dilakukan oleh tim penguji dari tiga lembaga, yaitu Kemenag, MPU  dan LPTQ masing-masing tiga orang.

Dari 374 bacaleg DPRK Abdya yang didaftarkan 17 parpol pada KIP setempat, sebanyak 70 orang tidak hadir mengikuti uji baca Alquran.

Sedangkan dari 304 bacaleg yang hadir mengikuti uji baca Alquran hasilnya,  5 orang tidak lulus sehingga dinyatakan gugur.    

Baca: Dua Bacaleg di Abdya tak Lulus Uji Baca Alquran dan 35 Tidak Hadir

Ketua Pokja Uji Baca Alquran pada KIP Aceh, Akmal Abzal sekaligus sebagai  Pemegang Kuasa Ketua KIP Abdya dihubungi Serambinews.com, Rabu (25/7/2018) sore menjelaskan, uji baca Alquran terhadap bacaleg DPRK Abdya dilaksanakan dua hari, Selasa dan Rabu (25/7/2018).

Bacaleg yang hadir mengikuti uji baca Alquran sebanyak 304 orang dari 374 bacaleg yang didaftar 17 parpol, sehingga 70 orang bacaleg lainnya tidak hadir.

Dari 304 yang mengikuti uji baca Alquran, hasilnya 5 orang gugur atau tidak lulus karena tidak mencapai nilai minimal 50.

Akmal Abzal juga sebagai Koordinator KIP Wilayah Barat Selatan itu tidak bersedia menjelaskan nama lima bacaleg yang tidak lulus uji baca Alquran, termasuk tidak disebutkan nama partai bersangkutan.

“Kita tak sebutkan nama dan dari partai mana karena menyangkut soal etika,” katanya.

Baca: Ratusan Bacaleg di Aceh Tenggara Mengikuti Tes Uji Baca Alquran

Menyangkut lima orang bacaleg tidak lulus baca Alquran telah disurati partai yang mengajukan bacaleg yang bersangkutan untuk  mengganti bacaleg yang gugur.

Bacaleg pengganti yang gugur sebanyak lima orang dan bacaleg yang tidak hadir berjumlah 70 orang diberikan kesempatan untuk mengikuti uji baca Alquran, Jumat (27/7/2018).

“Kesempatan terakhir untuk uji baca Alquran kita berikan pada  hari Jumat, setelah itu tak ada lagi,” tegas Akmal Abzal. (*)

Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved