Breaking News:

Kemensos Kukuhkan Kampung Siaga Bencana

Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kementerian Sosial (Kemensos) RI bersama Pemprov Aceh

SERAMBINEWS.COM/NASIRNURDIN
Lapangan sepakbola Cot Bak Situi Gampong Lam Ara Cut, Kecamatan Kuta Malaka. 

IDI - Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kementerian Sosial (Kemensos) RI bersama Pemprov Aceh dan Pemkab Aceh Timur, Kamis (26/7), mengukuhkan Kampung Siaga Bencana (KSB) di Gampong Pante Rambong, Kecamatan Pante Bidari, Aceh Timur.

Bupati Aceh Timur H Hasballah Bin HM Thaib dalam sambutannya yang diwakili oleh Asisten II Usman A Rachman, mengatakan, Pemkab Aceh Timur mengapresiasi segenap peserta tim Kampung Siaga Bencana (KSB) yang telah meluangkan waktu untuk menyukseskan kegiatan yang sangat bermanfaat tersebut.

Lebih lanjut Usman mengatakan, bahwa dalam melaksanakan penanggulangan bencana daerah, perlu koordinasi dan kerja sama yang terintegrasi dengan berbagai pihak. Disamping itu, kompleksitas masalah yang diakibatkan oleh bencana tidak bisa dipandang dari satu sektor tertentu saja, melainkan secara menyeluruh.

“Sektor kesehatan, sosial, pekerjaan umum, perhubungan, energy dan sumber daya mineral, tenaga kerja, dan transmigrasi, keuangan, kehutanan, lingkungan hidup, kelautan, lembaga penelitian serta TNI-Polri yang semua sektor tersebut memiliki peran dan tanggung jawab masing-masing,” tegas Usman.

Program ini, jelas Usman, untuk menambah wawasan dan meningkatkan pemahaman tim kampung siaga bencana tentang pencegahan dan kesiapsiagaan bencana. Usman berharap Tim KSB nantinya dapat menjadi pemuka di masyarakat dalam hal penanggulangan bencana.

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial Aceh Timur Ir Elfiandi, mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman dan kesadaran bagi masyarakat tentang kerawanan dan ancaman bencana. Selain itu juga membentuk jejaring kerja berkaitan dengan kesiapsiagaan bencana berbasis masyarakat, mengorganisir potensi masyarakat agar terlatih dalam kesiapsiagaan menanggulangi bencana.

“Selain itu juga memberikan kepastian dan kesinambungan terhadap proses kesiapsiagaan bencana berbasis masyarakat dan memperkuat hubungan social antar anggota masyarakat sertamengoptimalkan potensi dan sumber daya untuk penanggulangan bencana,” ungkap mantan Kadis DPMG Aceh Timur ini.

Kegiatan Kampung Siaga Bencana (KSB) ini digelar 24-26 Juli 2018 yang diikuti 60 peserta dari berbagai latar belakang profesi dalam Kecamatan Pante Bidari. Dalam kegiatan itu, Dinas Sosial Aceh juga memberikan bantuan operasional Kampung Siaga Bencana (KSB), di antaranya tenda gulung, sajadah, piring, gelas, kuali, talam, sendok, garpu, dan lain sebagainya. (c49)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved