Tamiang Validasi Data Warga Miskin

Dinas Sosial Pemkab Aceh Tamiang akan melakukan validasi keakuratan data warga miskin

Tamiang Validasi Data Warga Miskin
MUKHTAR Ahmad (45) warga miskin penduduk Gampong Blang Baro-Cubo Kecamatan Bandarbaru, Pidie Jaya tinggal bersama seorang isteri dan dua anaknya di gubuk reot.SERAMBI/ABDULLA GANI 

KUALASIMPANG - Dinas Sosial Pemkab Aceh Tamiang akan melakukan validasi keakuratan data warga miskin mengingat ada sejumlah warga yang menerima beras sejahtera dinilai kurang tepat sasaran. Untuk perbaikan data, Dinas Sosial sedang melatih operator desa dengan cara melibatkan BPS untuk pencacahan data di lapangan.

Kadis Sosial Aceh Tamiang, Ali Jon kepada Serambi, Jumat (27/7) mengatakan, data fakir miskin yang ada saat ini di Dinas Sosial bersumber dari Kementerian Sosial tahun 2015. “ Data fakir miskin ini disebarkan ke kabupaten/kota se-Indonesia,” ujarnya.

Jumlah keluarga fakir miskin untuk Aceh Tamiang sebanyak 17 ribu kepala keluarga, sedangkan basis data terpadu data orang miskin untuk Aceh Tamiang sebanyak 31 ribuan rumah tangga. Menurut dia, bisa saja dalam rumah tangga ada dua Kepala Keluarga (KK) yang berpenghasilan rendah. “Data ini juga yang digunakan untuk program keluarga sejahtera dan pemberian beras sejahtera (Rastra),” ujarnya.

Dikatakan, untuk mengubah data ini ada kriteria yang diinput dalam aplikasi sistem kesejahteraan sosial dan dilakukan petugas dinas sosial. “Kalau kita tidak melakukan validasi, susah kita mengubah data fakir miskin, karena itulah kita melatih operator desa untuk mengakuratkan data fakir miskin. Data yang ada saat ini nantinya akan diverifikasi dan divalidasi,’ tandasnya.

Untuk Aceh Tamiang, jumlah penerima Rastra sekitar 20.080 rumah tangga sasaran. Masih ada 10 ribuan rumah tangga yang belum menerima. Sedangkan mereka yang menerima program PKH di antaranya keluarga sangat miskin, ibu hamil, lansia penyandang cacat berat, mempunyai anak sekolah. “Walaupun temuan di lapangan kita akui ada rumah tangga yang mempunyai mobil juga dapat rastra,” katanya.(md)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved