Dua Penerbangan ke Aceh Ditunda

Dua penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta Jakarta tujuan Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blangbintang

Dua Penerbangan ke Aceh Ditunda
YOS SUGIONO, GM PT Angkasa Pura II

BANDA ACEH - Dua penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta Jakarta tujuan Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blangbintang, Aceh Besar, pada Minggu (29/7) ditunda hingga Senin (30/7) pagi. Keduanya yaitu penerbangan dengan Maskapai Garuda Indonesia dan Maskapai Lion Air. Sehingga sejumlah penumpang memilih menginap di Bandara Soekarno Hatta. Penundaan itu terkait dengan padamnya lampu di landasan (runway) Bandara SIM.

General Manager (GM) PT Angkasa Pura II SIM, Yos Sugiono kepada Serambi mengatakan, lampu landasan Bandara SIM sempat padam pada Sabtu (28/7) malam, sehingga dua penerbangan yaitu Garuda Indonesia dan Maskapai Lion Air ditunda. Minggu (29/7) sore, sekitar proses perbaikan selesai dan lampu sudah dapat menyala kembali.

Namun, pihak Maskapai Garuda Indonesia dan Maskapai Lion Air sudah terlebih dahulu mengeluarkan keputusan bahwa penerbangan ke Banda Aceh Minggu sore ditunda hingga Senin (30/7) pagi. “Kedua penerbangan itu dilakukan reschedule hingga besok pagi, sedangkan lampu landasan sudah kembali menyala normal tadi sore,” ujar Yos Sugiono.

Garuda Indonesia seharusnya dijadwalkan tiba pukul 21.00 WIB di SIM dan Lion Air dijadwalkan tiba pukul 21.30 WIB di SIM. Namun karena penundaan itu hingga Senin pagi, maka sejumlah penumpang memilih menunggu di Bandara.

GM Garuda Indonesia Banda Aceh, Endy Latief, kemarin mengatakan, penerbangan terakhir Garuda Indonesia kemarin seharusnya lepas landas dari Jakarta pukul 17.00 WIB. Namun hingga pukul 15.00 WIB maskapai mendapat kabar dari PT Angkasa Pura II SIM bahwa lampu landasan belum selesai diperbaiki.

Sesuai prosedurnya, maskapai sudah harus mendapatkan kepastian terbang dari otoritas bandara tujuan dua jam sebelum lepas landas, yaitu pukul 15.00 WIB. Sehingga, meskipun lampu landasan selesai diperbaiki pukul 18.00 WIB, tapi waktu sudah melewati jadwal terbang Garuda Indonesia dan maskapai sudah mengumumkan penundaan ke penumpang.

Sebelumnya, kata Endy, pada Sabtu (28/7) maskapai Garuda Indonesia sudah lepas landas dari Jakarta tujuan Banda Aceh. Namun saat berada di wilayah udara sekitar perbatasan Aceh - Sumatera Utara, pilot mendapat kabar bahwa lampu landasan Bandara SIM padam. Sehingga pesawat mendarat di Bandara Kualanamu Medan dan kembali melanjutkan perjalanan pada Minggu (29/7) pagi.

Kepala Ombudsman Perwakilan Aceh, Dr Taqwaddin Husin menyampaikan, bahwa dirinya kecewa terhadap pelayanan pihak Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blangbintang, Aceh Besar karena terlambat memberitahu terkait kondisi lampu landasan.

Seharusnya, kata Taqwaddin, jika memang landasan belum dapat difungsikan karena lampu runway padam dan pernerbangan harus ditunda, maka seharusnya diberitahu lebih awal. Sehingga penumpang tidak harus pergi ke Bandara.

Taqwaddin menambahkan, mereka mengetahui penundaan tersebut saat sudah berada di Bandara Soekarno Hatta Jakarta. Sehingga sejumlah penumpang memilih menginap di Bandara seraya menunggu jadwal penerbangan selanjutnya, Senin (30/7) pagi.

Ia menambahkan, para penumpang yang mengalami penundaan itu hanya diberi voucher makan di Bandara. Namun pihak maskapai tidak menanggung penginapan.(mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved