Breaking News:

Kirab Obor Asian Games Diarak Keliling Kota

Pasukan Kirab Obor Asian Games XVIII 2018 (Torch Relay Asian Games XVIII 2018) tiba di Kota Banda Aceh

Editor: bakri
MENTERI Agraria dan Tata Ruang (ATR) Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Sofyan A Djalil bersama Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, Pangdam IM, Mayjen TNI Abdul Hafil Fuddin, Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio S Djambak, Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman menyalakan kaldron mini saat pawai obor Asian Games 2018, di halaman Kantor Gubernur Aceh, Banda Aceh, Selasa (31/7). Pawai obor itu melintasi sejumlah objek wisata seperti Museum Aceh, Museum Tsunami dan Masjid Raya Baiturrahman. 

BANDA ACEH - Pasukan Kirab Obor Asian Games XVIII 2018 (Torch Relay Asian Games XVIII 2018) tiba di Kota Banda Aceh, kemarin siang. Api Asean Games itu dibawa dengan pesawat Hercules TNI Angkatan Udara dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dan tiba di Lanud Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, pukul 09.20 WIB. Rombongan pembawa obor Asian Games itu disambut Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali.

Rombongan Kirab Obor Asian Games XVIII 2018 itu dipimpin oleh Direktur Revenue Indonesia Asian Games Organizing Commitee (Inasgoc), Hasani Abdulgani bersama sejumlah pendukung, dan sponsor. Di Bandara Lanud SIM, rombongan kirab api Asian Games disambut dan dipeusijuek oleh Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali bersama unsur Forkopimda Aceh Besar. Api Asian Games XVIII 2018 yang diterima langsung Mawardi Ali setelah turun dari pesawat Hercules TNI AU.

Tim Inasgoc, pembawa api obor disambut Seurune Kalee disaksikaan Kadispora Aceh, Darmansyah MM bersama Danlanud SIM Kolonel Nav Indrastanto Setiawan SSos. Mawardi Ali, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih telah dipercaya menyambut Obor Asian Games di Aceh, karena tidak semua provinsi di Indonesia dilalui rute Kirab Obor Asian Games, namun Aceh Besar adalah salah satu daerah yang dipercaya menyambut obor pesta olahraga paling bergengsi di negara Asia.

Mawardi Ali bersama tim Torch Relay Asian Games XVIII mengarak obor dengan kendaraan roda empat menuju Museum Aceh disambut marching band, dan Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman. Dari Museum Aceh, Aminullah membawa obor hingga ke Simpang Jam, kemudian disambung mantan atlet anggar nasional asal Aceh, Erma Madjadji.

Di depan Masjid Raya Baiturrahman, obor diterima artis ibukota, Indra Bekti dan dibawa lari melewati jembatan Pante Pirak hingga Simpang Lima. Sejumlah mantan atlet Aceh ikut membawa estafet obor Asian Games XVIII seperti Effendi Eria (angkat besi), Tarso (angkat besi) dan sejumlah mantan atlet Aceh lainnya. Di depan Taman Ratu Safiatuddin, obor disambut Plt Gubrnur Aceh dan bawa hingga finish di halaman kantor Gubenur Aceh.

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengatakan rasa syukur karena Banda Aceh salah satu kota yang dilalui kirab obor api Asian Games XVIII. Sesuai dengan misi dan visi Pemerintah Aceh yang melakukan pembinaan olahraga lewat program ‘Aceh Teuga’ maka ajang kirab obor Asian Games ini juga menjadi pemompa semangat para atlet di Aceh.

Setelah di Banda Aceh, pawai kirab api Asian Games XVIII itu dilanjutkan ke Medan, Sumatera Utara dan Danau Toba. Sedangkan pelaksanaan Asian Games XVIII berlangsung mulai 18 Agustus hingga 2 September 2018 di Jakarta, dan Palembang, Sumatera Selatan.(min)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved