Hari Ini JCH Kloter 1 Masuk Asrama Haji

Sebanyak 384 Jamaah Calon Haji (JCH) Aceh yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 1, Jumat (3/8) hari ini

Hari Ini JCH Kloter 1 Masuk Asrama Haji
WARGA melepas keberangkatan JCH Kloter I asal Banda Aceh dan Aceh Besar sebelum masuk asrama haji di depan Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh. SERAMBI/M ANSHAR 

BANDA ACEH - Sebanyak 384 Jamaah Calon Haji (JCH) Aceh yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 1, Jumat (3/8) hari ini, masuk Asrama Haji embarkasi Aceh. Jamaah dari Kabupaten Pidie tersebut selanjutnya akan bertolak ke Tanah Suci melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar, Sabtu (4/8) besok.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Aceh yang juga Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh, Drs HM Daud Pakeh, kepada Serambi, kemarin, menyampaikan, selama di Mekkah, pemondokan JCH kloter 1 Aceh berada di Wilayah Misfalah Sektor 10.

“PPIH Embarkasi Aceh sudah melakukan semua persiapan untuk melayani JCH Aceh, termasuk menghadirkan petugas perekam data biometrik dan alatnya ke Asrama Haji,” ujar Daud Pakeh.

Dijelaskan, terobosan baru dari Kemenag RI dalam penyelenggaraan haji tahun ini adalah proses rekam data biometrik dilakukan di embarkasi asal. Hal tersebut akan dijalani oleh semua JCH Indonesia termasuk Aceh saat masuk Asrama Haji. Menurutnya, proses rekam data biometrik di Embarkasi asal merupakan upaya pelayanan terbaik dari Negara untuk kenyamanan JCH.

“Langkah itu dilakukan karena dalam penyelenggaraan haji tahun-tahun sebelumnya, proses biometrik memakan waktu cukup lama di Bandara Jeddah. Alat perekam biometrik sudah disiapkan di Asrama Haji. Setelah pemeriksaan kesehatan dengan membawa paspor, jamaah masuk ke ruang Misfalah untuk pemeriksaan data biometrik,” jelasnya.

Untuk kelancaran proses rekam biometrik pada setiap kloter, sebut Daud pakeh, PPIH Embarkasi Aceh menyiapkan 11 alat rekam. Dikatakan, seorang JCH hanya butuh waktu 3-5 menit untuk proses perekaman data dirinya seperti sidik jari dan foto tampak depan.

Dalam kesempatan yang sama, tambah Daud Pakeh, JCH juga akan menjalani pemeriksaan kesehatan tahap akhir, menerima paspor haji, gelang, dana living cost sebesar SAR 1.500, dana penggantian biaya paspor, dan gelang tanda pengenal.

“Paspor dan visa 11 kloter JCH Aceh sudah siap dan sudah ada di Aceh. Hanya milik 150 JCH kita yang satu kloter dengan jamaah Medan yang masih di Kemenag RI. Insya Allah, pelepasan kloter pertama akan dilakukan Plt Gubernur Aceh, Jumat (3/8) malam nanti,” ungkapnya.

Sementara JCH kloter 2 Embarkasi Aceh yang berasal dari Bireuen dan Langsa akan masuk Asrama Haji pada Sabtu (4/8) besok pukul 08.00 WIB, dan berangkat ke Tanah Suci, Minggu (5/8) lusa.(una)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved