Sekda Sidak Gudang Bulog

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Aceh Besar, Drs Iskandar MSi, Kamis (2/8), melakukan sidak (inspeksi mendadak)

Sekda Sidak Gudang Bulog
SEKDA Aceh Besar, Drs Iskandar MSi melakukan pemeriksaan stok beras sejahtera (rastra) di Gudang Bulog, Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Kamis (2/8). 

* Pastikan Stok Rastra Tersedia

JANTHO - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Aceh Besar, Drs Iskandar MSi, Kamis (2/8), melakukan sidak (inspeksi mendadak) untuk memastikan ketersediaan stok beras sejahtera (rastra) di Gudang Bulog Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar. Didampingi Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Aceh Besar, Jakfar SP, Sekda melakukan pemeriksaan rastra untuk memastikan stok beras di Bulog mencukupi dan siap untuk disalurkan kepada keluarga penerima manfaat (KPM).

Sekda Iskandar mengatakan, sidak itu akan terus dilakukan sebelum penyaluran kepada masyarakat selaku penerima manfaat, sesuai dengan kualitas layak konsumsi. “Yang kita lihat adalah beras yang hendak didistribusikan untuk periode Agustus 2018 dan akan disalurkan untuk KPM di 23 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar, sesuai dijadwalkan dinas sosial,” tuturnya dalam rilis kepada Serambi, kemarin.

Penyaluran rastra, tukas Iskandar, sesuai dengan peraturan pemerintah yang tertuang dalam Inpres Nomor 3 tahun 2012, tentang kebijakan perberasan nasional. “Sedangkan pemeriksaan ini dilakukan sesuai dengan arahan dari Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali,” ucapnya.

Kepala Bulog Aceh, Basirun menjelaskan, berdasarkan kebijakan Kepala Bulog (Kabulog) RI, Komjen Pol Budi Waseso, seluruh stok beras tahun 2017 yang ada di Bulog tidak boleh disalurkan lagi. Ini berarti, bisa dipastikan bahwa beras yang disalurkan untuk tahun 2018 adalah stok pengadaan baru dari panen raya di Aceh Besar.

“Untuk penyaluran rastra pada Juli 2018, sudah mencapai 100 persen, tinggal menunggu SPP dari Kemensos untuk alokasi bulan Agustus 2018. Saat ini, stok beras di Bulog cukup hingga akhir tahun 2018, dan juga mencakup untuk kebutuhan seluruh Aceh,” ungkapnya.

Untuk pengadaan stok sendiri, ungkap Basirun, Bulog membeli gabah dari masyarakat Aceh Besar pada saat panen raya seperti pada musim panen yang lalu, di mana gabah yang dibeli dari masyarakat Aceh Besar sebagiannya juga dikirim ke Sabang, Banda Aceh, Kutacane, hingga Takengon. “Aceh Besar memiliki lahan padi yang sangat luas dan swasembada beras, sehingga dapat disalurkan untuk daerah lain,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Aceh Besar, Jakfar SP menegaskan, kualitas beras sejahtera (rastra) yang disalurkan pada Agustus ini adalah kualitas medium. Untuk penyalurannya, ucap dia, juga dilakukan tepat waktu kepada 2.832 keluarga penerima manfaat (KPM) di 23 kecamatan. “Makanya, kita cek kesiapan Bulog untuk stok beras yang akan disalurkan. Insya Allah, untuk bulan Agustus ini juga sudah siap disalurkan, di mana per KPM mendapat beras 10 Kg secara gratis,” pungkasnya.(mir)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved