Unimal Dapat Dana Hibah ADB Rp 750 M

Universitas Malikussaleh (Unimal) menggelar konsultasi publik tentang penggunaan dana hibah dari Asia Development Bank (ADB

Unimal Dapat Dana Hibah ADB Rp 750 M
Rektor Unimal Prof Apridar 

LHOKSEUMAWE - Universitas Malikussaleh (Unimal) menggelar konsultasi publik tentang penggunaan dana hibah dari Asia Development Bank (ADB) senilai 51.360.000 USD atau setara Rp 750 miliar di Gedung Akademic Center Unimal, Lhokseumawe, Jumat (3/8). Hadir dalam pertemuan tersebut, perwakilan masyarakat, dan sejumlah kepala daerah, serta lembaga mitra kampus.

Rektor Unimal, Prof Dr Apridar dalam siaran pers yang diterima Serambi, kemarin, menyebutkan, dana hibah itu akan digunakan mulai tahun ini hingga tiga tahun ke depan untuk membangun berbagai infrastruktur, peningkatan kapasitas dosen, dan mahasiswa, serta sarana pendukung kemajuan kampus itu. “Acara itu digelar untuk mendengar masukan dari masyarakat tentang pengembangan kampus,” ujar Apridar.

Mendengar aspirasi publik, kata Apridar, menjadi keharusan jika kampus ingin berkembang bersama masyarakat di sekitarnya. Pengembangan kampus, lanjutnya, harus sejalan dengan pengembangan dan kemajuan masyarakat. “Karena itu pula, kita mendengar masukan dari masyarakat. Misalnya, kita buat program ‘Rumah Quran’, ini sesuai dengan daerah kita yang menerapkan syariat Islam dan lain sebagainya,” terang Apridar.

Dana hibah itu, sambungnya, bersumber dari pinjaman luar negeri Pemerintah RI yang dievaluasi secara rutin oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI. “Tahun ini, kita akan bangun gedung internasional sekaligus gedung rektor senilai Rp 75 miliar. Proses persiapan pembangunan gedung sedang dilakukan. Semoga dalam waktu dekat bisa dilakukan peletakan batu pertama,” harapnya.

Khusus untuk pembangunan infrastruktur, Unimal menggandeng Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Tinggi Provinsi Aceh. Tujuannya, agar penggunaan dana itu tepat sasaran. Dia berharap, dengan dana hibah itu, prestasi dan peringkat kampus terus meningkat dari tahun ke tahun. “Seiring dengan bantuan dana ini, tentu berbanding lurus dengan prestasi dan peringkat kampus terus membaik dari tahun ke tahun,” pungkasnya.(jaf)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved