pka

Aminullah Lepas Pawai Budaya PKA di Blangpadang

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, melepas peserta pawai budaya Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-7

Aminullah Lepas Pawai Budaya PKA di Blangpadang
WALI Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, melepaskan peserta pawai budaya PKA ke-7, di Lapangan Blangpadang, Senin (6/8). 

BANDA ACEH - Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, melepas peserta pawai budaya Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-7, Senin (6/8) di Lapangan Blangpadang, Banda Aceh. Pawai budaya ini diikuti kontingen peserta PKA dari 23 kabupaten/kota se-Aceh, termasuk sejumlah komunitas adat budaya dan mobil hias.

Ribuan peserta pawai budaya itu melewati rute dari Lapangan Blangpadang antara lain melewati Museum Tsunami, Pondopo Gubernur Aceh, Museum Aceh, Simpang Kodim, Masjid Raya Baiturrahman, dan kembali finish di Lapangan Blangpadang. Dalam pawai itu juga ikut beberapa ekor gajah yang ditunggangi oleh pawangnya beserta Plt Gubernur Aceh, Pangdam Iskandar Muda, dan Wakapolda Aceh.

Aminullah menyampaikan bahwa dengan adanya pawai budaya itu, masyarakat Aceh akan lebih mengetahui tentang warisan kebudayaan, kekayaan, sejarah, adat, dan kuliner Aceh. Serta keunikan dan kekhasan masing-masing daerah di Aceh. “Keragaman inilah yang telah menyatukan Aceh sejak dari dulu. Lewat event ini kita juga bisa memperkenalkan Aceh ke tingkat internasional.” ujarnya.

Aminullah menambahkan, PKA kali ini harus menjadi ajang promosi Aceh khususnya Banda Aceh selaku tuan rumah ke mata dunia. Menurutnya, ajang yang diikuti oleh 23 kabupaten/kota se-Aceh ini, menjadi kesempatan berharga untuk memperkenalkan Aceh ke mata dunia. “Lewat acara ini kita mengenang dan membesarkan kembali Aceh yang kaya akan warisan budaya,” katanya.

Ditambahkan, pelaksanaan PKA membawa multimanfaat bagi Banda Aceh. Karena ajang ini menjadi wadah untuk mempromosikan ragam hasil ekonomi kreatif yang menjadi unggulan Banda Aceh. “Sembari menggali warisan budaya daerah, dengan adanya event sebesar ini akan membangkitkan perekonomian masyarakat terutama para pelaku usaha dan juga meningkatkan PAD kota,” katanya lagi.

Kepada seluruh warga kota, ia juga berharap agar melayani setiap tamu baik dari kabupaten/kota di Aceh, luar provinsi, dan juga manca negara dengan sebaik mungkin. Karena pelayanan yang baik akan menjadi citra Banda Aceh di mata mereka saat kembali ke daerahnya masing-masing.(mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved