Bendung Karet Bocor, Suplai Air Bersih ke Banda Aceh dan Aceh Besar Terganggu

Kebocorannya parah. Padahal tahun lalu baru saja diganti bendungnya. Kami nggak mungkin tambal lagi.

Bendung Karet Bocor, Suplai Air Bersih ke Banda Aceh dan Aceh Besar Terganggu
IST
Bendung Karet Lambaro. 

Laporan Eddy Fitriady | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Suplai air bersih ke sebagian besar wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar sejak beberapa hari terakhir macet.

Terganggunya distribusi air selain karena kurangnya bahan baku dari Krueng Aceh, juga disebabkan oleh bocornya Bendung Karet Lambaro, Aceh Besar.

Direktur PDAM Tirta Daroy, T Novizal Aiyub kepada Serambinews.com, Senin (13/8/2018) mengatakan, bocornya fasilitas itu menyebabkan air yang sudah berada di bendung dan siap disedot itu kembali ke luar ke sungai.

"Kebocorannya parah. Padahal tahun lalu baru saja diganti bendungnya. Kami nggak mungkin tambal lagi, karena titik bocornya besar dan berada dalam air," jelasnya pria yang akrab disapa Ampon Yub itu.

Baca: Polisi Tembak Pembunuh PNS Aceh Utara, Satu Orang Masih Buron

Baca: BBPOM Sita Hampir 10 Ribu Pcs Kosmetik Ilegal yang Dapat Merusak Kulit, Ini Daftarnya!

Baca: BREAKING NEWS - KPK Kembali Periksa Sejumlah Pejabat Aceh di Mapolda

Bahkan yang memperparah keadaan, pompa yang menyedot air dari intake ke WTP Lambaro saat ini sudah berada di atas permukaan air (menggantung). "Padahal pompa seharusnya tenggelam, atau berada di dalam air. Tapi begini lah kondisi Krueng Aceh sekarang," timpal Ampon Yub.

Terkait kondisi itu, Ampon Yub meminta maaf kepada pelanggan khususnya di Banda Aceh. "Kami mohon pengertian warga bahwa sementara waktu airnya harus digilir," katanya.(*)

Penulis: Eddy Fitriadi
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved