Satu JCH Aceh Meninggal Dunia

Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Mukhlis Teuku Usman Sarung (57), jamaah haji asal Gampong Suka Jaya

Satu JCH Aceh Meninggal Dunia
ANADOLU AGENCY/MUSTAFA CIFTCI
Jamaah Haji melaksanakan Tawaf, Kamis (9/8/2018). Rangkaian ibadah haji tahun ini akan berlangsung pada 19-24 Agustus. 

BANDA ACEH - Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Mukhlis Teuku Usman Sarung (57), jamaah haji asal Gampong Suka Jaya, Kecamatan Muara Tiga, Pidie, meninggal dunia di Mekkah, Minggu (12/8) pukul 17.11 Waktu Arab Saudi (WAS). Jamaah yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 5 Embarkasi Aceh ini merupakan JCH Aceh yang pertama meninggal di Mekkah pada musim haji kali ini.

Informasi tersebut disampaikan Ketua PPIH Embarkasi Aceh, Drs HM Daud Pakeh melalui Koordinator Protokol, Humas, dan Penerangan PPIH Embarkasi Aceh, H Rusli MSi kepada Serambi, Minggu (12/8) setelah menerima informasi dari petugas di Arab Saudi.

Rusli mengatakan, berdasarkan informasi yang ia peroleh dari petugas kloter di Mekkah, Muhammad Nasir, almarhum Mukhlis mengalami sakit saat di masjid. Kemudian Mukhlis sempat dilarikan ke Rumah Sakit Annur, Mekkah, dan meninggal di rumah sakit tersebut. Kemudian jenazah almarhum dimakamkan di kawasan Sharae, Mekkah.

Sedangkan jamaah lainnya kemarin masih melakukan ativitas ziarah di sejumlah tempat bersejarah di Kota Mekkah. Dipandu oleh mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu di Arab Saudi, jamaah haji asal Aceh itu menziarahi Gua Hira, Gua Tsur, dan Jabal Nur.

Menurut Rusli, kegiatan ziarah ke tempat bersejarah itu sangat diminati oleh jamaah haji, karena mereka mendapat penjelasan yang lengkap dari para mahasiswa yang menjadi pemandu.

Hari ini, Senin (13/8) pagi, giliran 390 jamaah haji kloter 10 akan berangkat melalui Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blangbintang, Aceh Besar, menuju Mekkah, Arab Saudi. Jamaah kloter 10 ini berasal dari Aceh Timur dan Kota Lhokseumawe.

Di Mekkah, mereka akan menempati maktab 14, sektor 3, kawasan Raudhah. Jamaah kloter 10 ini terdiri atas 234 jamaah Aceh Timur dan 148 jamaah asal Lhokseumawe. Sebanyak 339 orang di antaranya merupakan jamaah yang kondisi kesehatannya berisiko tinggi (risti). (mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved