Tingkatkan Penerimaan Zakat, Baitul Mal Butuh Inovasi

ANGGOTA DPRK Banda Aceh Zulfikar Abdullah ST, meminta Pemerintah Kota Banda Aceh memaksimalkan Pendapatan Asli

Tingkatkan Penerimaan Zakat, Baitul Mal Butuh Inovasi
ZULFIKAR ABDULLAH,Politisi PKS

ANGGOTA DPRK Banda Aceh Zulfikar Abdullah ST, meminta Pemerintah Kota Banda Aceh memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor zakat. Dalam hal ini Baitul Mal Kota Banda Aceh diharapkan dapat memaksimalkan pemungutan zakat. Langkah tersebut bisa dengan meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat serta memperkuat SDM petugas zakat. Apalagi tahun depan pendapatan dari zakat mencapai Rp 18,6 miliar. Padahal, salah satu penelitian potensi zakatnya di Banda Aceh bisa mencapai Rp 100 miliar lebih.

“ Meskipun target meningkat setiap tahunnya, tetapi masih sangat jauh dari potensi yang ada. Sebenarnya makin banyak zakat terkumpul, makin banyak masyarakat yang terbantu dan berdampak pada menurunnya angka kemiskinan dan pengangguran di Banda Aceh,” ujar anggota Komisi C DPRK Banda Aceh ini. Begitupun juga harus didukung anggaran yang memadai untuk meningkatkan kinerja Baitul Mal dalam menyahuti target-target itu.

Politisi PKS itu juga menyarankan instansi terkait agar menggali potensi PAD yang selama ini belum tergarap maksimal. Inovasi dan kreatifitas sangat dibutuhkan dalam memenuhi target PAD yang meningkat setiap tahun. Perlu memberikan reward kepada SKPD yang mencapai target dan harus dibina SKPD yang tak menunjukkan perbaikan kinerja dalam memenuhi target PAD. “Tak hanya untuk dinas, perhatian juga harus diberikan untuk para pemungut pajak atau retribusi, dan kesejahtraan mereka juga harus diperhatikan,” pungkas Zulfikar.(*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved