Breaking News:

300 Hektare Lahan di Bener Meriah Terbakar

Kebakaran lahan dilaporkan semakin marak di Kabupaten Bener Meriah. Data dari BPBD menyebutkan

Editor: bakri
IST
Foto udara memperlihatkan kebakaran lahan di Kecamatan Bakongan, Aceh Selatan. 

* Hutan Lindung Seulawah Juga Diamuk Api

REDELONG - Kebakaran lahan dilaporkan semakin marak di Kabupaten Bener Meriah. Data dari BPBD menyebutkan, dalam dua pekan terakhir sedikitnya 300 hektare lahan tidur (hutan ilalang) di Kecamatan Pintu Rime Gayo dan lima hektare tanaman kopi di Kecamatan Bukit hangus. Sedangkan di Aceh Besar, laporan dari Pusdalops PB BPBA menyebutkan ada 200 hektare hutan lindung Seulawah (Palapa) diamuk api.

Dari Kabupaten Bener Meriah dilaporkan, kebakaran di Kecamatan Pintu Rime Gayo telah menghanguskan 300 hektare lahan. Sumber api diduga dari pembukaan lahan dengan cara membakar oleh masyarakat yang akan berkebun.

“Kondisinya sangat mengkhawatirkan. Dalam dua pekan terakhir kami harus kerja ekstra bahkan harus tidur dini hari karena harus memadamkan api yang membakar lahan,” Kalak BPBD Bener Meriah, Agus Amvera kepada Serambi, Senin (13/8).

Terakhir, kata Agus, pada Minggu (14/8) terjadi lagi kebakaran lahan di Kecamatan Pintu Rime Gayo, tepatnya di Kampung Teget. Hingga Senin (13/8) dini hari diperkirakan telah menghanguskan 35 hektare lahan ilalang di Teget. “Selain memadamkan api yang membakar lahan, kami juga harus bekerja untuk memadamkan kebakaran kebuh sawit,” ungkap Agus.

Kebakaran juga terjadi di wilayah pegunungan Samarena, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah. Seluas lima hektare tanaman kopi rakyat di pegunungan itu tak bisa diselamatkan dari amukan api.

“Jauhnya sumber air dan sulitnya akses ke titik api membuat upaya penyelamatan gagal kami lakukan. Akibatnya, lima hektare kebun kopi hangus. Menyedihkan sekali,” ujar Agus sambil mengimbau masyarakat agar tidak membakar lahan untuk membuka usaha pertanian.

Laporan dari Pusdalops PB BPBD Aceh Besar yang diteruskan ke Serambi oleh Pusdalops PB BPBA menyebutkan pada Selasa (14/8) terjadi kebakaran hutan lindung di kawasan kaki Gunung Seulawah atau yang dikenal dengan kawasan Palapa, Kecamatan Lembah Seulawah, Aceh Besar.

Dalam waktu bersamaan, muncul juga titik api di hamparan hutan ilalang Desa Sukamulia, masih di Kecamatan Lembah Seulawah, tidak jauh dari kawasan Palapa.

Luas lahan yang terbakar di pegunungan Seulawah dilaporkan mencapai 200 hektare. Tim pemadam dari BPBD Aceh Besar Pos Saree dibantu pihak TNI/Polri dan Polhut kesulitan melakukan pemadaman karena medan yang sangat sulit. Selain itu tidak ada akses jalan untuk dilintasi kendaraan ke titik api. “Tim hanya bisa memblokade api agar tidak meluas ke bagian lain. Upaya blokade berhasil, api bisa dipadamkan pada pukul 15.50 WIB,” tulis laporan tersebut.(c51/nas)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved