Pemeriksaan Itu Wewenang KPK

PELAKSANA Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah yang diwawancarai Serambi, Senin (13/8) malam tidak menjawab

Pemeriksaan Itu Wewenang KPK
NOVA IRIANSYAH,Plt Gubernur Aceh

PELAKSANA Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah yang diwawancarai Serambi, Senin (13/8) malam tidak menjawab benar atau tidak bahwa ada sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Aceh diperiksa KPK sebagai saksi untuk tersangka Irwandi Yusuf.

Nova hanya berujar seningkat, itu adalah tugas KPK dalam melengkapi bukti-bukti. “Ya saya pikir itu SOP dan wewenang KPK, tentu untuk melengkapi bukti-bukti, KPK perlu menanyai banyak orang,” kata Nova usai menghadiri dan menyerahkan Anugerah Budaya Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-7 di kompleks Meuligoe Wali Nanggroe, kawasan Lampeuneuruet, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar.

Terkait pemeriksaan yang dilakukan KPK terhadap sejumlah saksi dari kalangan ASN dalam kasus dugaan penyelewengan Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) 2018, Nova sendiri menganggap itu memang kebutuhan KPK dalam melengkapi bukti. Sebagai warga negara, katanya, tentu semua harus patuh dan taat kepada hukum yang berlaku.

Bahkan, dalam hal itu, Nova mengatakan, siapa saja harus bekerja sama dengan KPK sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan. “Kita sebagai warga negara yang baik harus bekerja sama dengan KPK dan itu sebuah keniscayaan karena ini menyangkut peraturan perundang-undangan, menyangkut qanun, menyangkut hal-hal yang harus diteliti dengan baik,” demikian Nova Iriansyah.

Seperti diketahui, sejak Senin (13/8) KPK kembali memeriksa sejumlah saksi untuk tersangka Irwandi Yusuf dalam dugaan kasus suap DOKA 2018. Ke-16 saksi diperiksa untuk mendalami berbagai informasi terkait dugaan kasus rasuah tersebut. “Rincian informasi aliran dana yang diduga terkait Aceh Marathon juga terus diklarifikasi oleh penyidik. KPK semakin mendapatkan bukti-bukti yang kuat dalam kasus ini,” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah sebelumnya.

Mereka yang notabene para ASN di lingkungan Pemerintah Aceh itu diperiksa di Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Aceh. Diperkirakan pemeriksaan para saksi masih berlanjut hingga dalam beberapa hari ke depan, karena diisukan ada sekira 60 pejabat akan diperiksa KPK. (dan)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved