INFO HAJI

Dua Juta Jamaah Haji Bergerak ke Arafah

Setelah matahari terbenam, para peziarah akan menuju ke Muzdalifah, setengah jalan antara Arafah dan Mina.

Dua Juta Jamaah Haji Bergerak ke Arafah
ANADOLU AGENCY/MUSTAFA CIFTCI
Jamaah calon haji berjalan di sebuah terowongan dalam perjalanan mereka ke Gunung Arafat menjelang Idul Adha 1439 H (Feast of Sacrifice) pada tanggal 19 Agustus 2018 di kota suci Mekkah, Arab Saudi. 

SERAMBINEWS.COM, ANKARA - Hampir dua juta muslim dari seluruh dunia memulai ziarah haji tahunan di Arab Saudi, pada hari Minggu (19/8/2018).

"Labbaik Allahumma Labbaik" (Aku datang kepadamu, Ya Tuhanku, aku datang kepadamu), kalimat Talbiyah menggema mengiringi perjalan jamaah berpakaian putih yang bergerak dari Mina.

Hari ini Senin (20/8/2018), jamaah haji naik ke Gunung Arafah, tempat Nabi Muhammad menyampaikan khutbah pada haji terakhirnya (haji wada’), pada puncak ritual pencarian jiwa, meminta pengampunan dan belas kasihan Tuhan.

"Semua peziarah mengenakan pakaian yang sama selama Haji karena mereka semua sama di hadapan Allah," Talip Ozdes, seorang profesor hukum Syariah di Cumhuriyet University di Turki, mengatakan kepada Anadolu Agency.

"Mereka datang bersama dengan perasaan sebagai saudara," katanya.

(Baca: JCH Aceh Sudah Berada di Arafah Saat Badai Debu Menerjang, Ada Tenda Jamaah Haji yang Roboh)

(Baca: Kain Kiswah Penutup Kabah Tersingkap akibat Badai Pasir di Arab Saudi, Ini Videonya)

Haji adalah salah satu dari lima rukun Islam.

Ritual ini terdiri dari beberapa ritual, yang dimaksudkan untuk melambangkan konsep-konsep penting dari agama Islam, dan untuk memperingati pencobaan Nabi Ibrahim dan keluarganya.

Setiap Muslim dewasa yang berbadan sehat yang secara finansial mampu melakukan perjalanan harus melakukan haji setidaknya sekali seumur hidup.

Perjalanan pencarian jiwa

Setelah matahari terbenam, para peziarah akan menuju ke Muzdalifah, setengah jalan antara Arafah dan Mina, di mana mereka tinggal setidaknya sampai tengah malam.

Halaman
12
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved