Idul Adha Berpotensi Hujan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Malikussaleh Aceh Utara memperkirakan

Idul Adha Berpotensi Hujan

* Di Enam Daerah
* Prediksi BMKG Stasiun Malikussaleh

LHOKSEUMAWE - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Malikussaleh Aceh Utara memperkirakan pada hari pertama sampai hari kedua lebaran Idul Adha 1439 Hijriah atau pada 22-23 Agustus 2018, hujan berpotensi terjadi, diselingi cuaca berawan di waktu-waktu tertentu di enam kabupaten/kota. Bahkan, pada siang hari pertama lebaran, keenam kabupaten/kota tersebut akan terjadi hujan secara bersamaan.

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Malikussaleh Aceh Utara, Khairendra Muiz kepada Serambi, kemarin, menerangkan pada hari pertama Idul Adha atau Rabu (22/8) besok, dari pagi hingga siang, cuaca untuk wilayah Bireuen, Lhokseumawe, dan Lhoksukon (Aceh Utara), serta Redelong (Bener Meriah), berawan. Hanya Idi (Aceh Timur) dan Kota Langsa, diprediksi akan terjadi hujan lokal.

Sedangkan dari siang hari tepatnya mulai pukul 13.00 WIB hingga 19.00 WIB, keenam wilayah tersebut akan terjadi hujan ringan ataupun hujan lokal. “Pada malam hari, hanya Kota Lhokseumawe dan Bireuen yang berawan. Sedangkan empat daerah lain, yakni Lhoksukon, Redelong, Idi, dan Kota Langsa, tetap terjadi hujan ringan,” jelas Khairendra.

Untuk Kamis (23/8) lusa, jelasnya, pada pagi hari di enam daerah tersebut, cuacanya berawan. Namun, begitu memasuki siang hingga sore hari, cuaca berubah menjadi hujan ringan dan hujan lokal. Tapi, pada malam hari, hanya Reudelong, Lhoksukon, dan Idi Rayeuk, saja yang diperkirakan terjadi hujan ringan. Sebaliknya, Bireuen dan Langsa diprediksi berawan, serta Lhokseumawe kondisinya cerah berawan.

Sementara itu, pada hari lebaran ketiga atau Jumat (24/8), pada pagi hari, kondisi di enam wilayah meliputi Bireuen, Lhokseumawe, Lhoksukon, Idi, Langsa, dan Redelong, cuacanya berawan dan cerah berawan. Tapi, memasuki siang hari, hanya di Bireuen dan Lhokseumawe yang cuacanya tetap berawan, sedangkan empat daerah lainnya akan terjadi hujan ringan. “Pada malam hari, yang masih tetap dilanda hujan hanya Lhoksukon, sedangkan lima wilayah lagi sudah berawan dan cerah berawan,” paparnya.

Untuk kondisi gelombang, menurut Khairendra, tinggi gelombang di perairan Utara dan timur Aceh tersebut diperkirakan antara 0,2 meter sampai dengan 2,0 meter.(bah)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved