Ini Jumlah Pemilih di Abdya dan Kecamatan Paling Banyak Pemilihnya

Pemilih yang pindah domisili ini, mereka masuk dalam daftar pemilih tambahan

Ini Jumlah Pemilih di Abdya dan Kecamatan Paling Banyak Pemilihnya
DOK SERAMBINEWS.COM
Logo KIP 

Laporan Rahmat Saputra I Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat Daya (Abdya) secara resmi menetapkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 96.902 orang untuk pemilihan legislatif 2019.

Jumlah DPT itu, berkurang drastis dari jumlah DCS yang telah ditetapkan sebanyak 103.649 orang atau berkurang sebanyak 6.747 orang.

Dalam DPT itu, jumlah pemilih perempuan mencapai 49.086 orang dan pemilih laki-laki sebanyak 47.816 orang.

Baca: Dukung Penertiban Waria, Ini Ancaman Wakil Bupati Abdya

Dari sembilan kecamatan, jumlah pemilih terbanyak, yaitu kecamatan Susoh dengan pemilih 15.706 orang.

Selanjutnya Blangpidie sebanyak 14.674 orang, dan pemilih paling sedikit yaitu kecamatan Setia dengan jumlah pemilih 5.747 orang.

Penetapan pemilih tetap itu dilakukan dalam rapat pleno rekapitulasi, Selasa (21/8/2018) di Aula KIP Abdya.

Hadir para ketua Partai Politik, PPK dan perwakilan Dandim, perwakilan kapolres Abdya, perwakilan Kajari Abdya, dan para tamu undangan lainnya.

Baca: Enam Jabatan Kades di Abdya Lowong, Ini Dampak terhadap Anggaran Desa

Kepala Divisi Program dan Data KIP Abdya, Martono kepada Serambinews.com mengatakan, penetapan itu dilakukan setelah petugas melakukan perbaikan terhadap daftar pemilih yang ganda, meninggal dunia dan pemilih belum terdaftar.

"Meski sudah kita tetapkan DPT, bagi pemilih yang tidak terdaftar, masih bisa memilih. Mereka masuk daftar pemilih khusus, dengan cara membawa e-KTP," ujar Kepala Divisi Program dan Data KIP Abdya, Martono kepada Serambinews.com.

Untuk pemilih yang pindah domisili, sambungnya, bisa memilih tempat yang baru. Syaratnya, mereka harus mendaftar di desa yang baru, 30 hari sebelum hari pemilihan.

Baca: Harga Melambung, Permintaan Ternak Kurban di Abdya Tetap Tinggi

"Pemilih yang pindah domisili ini, mereka masuk dalam daftar pemilih tambahan. Intinya, kita tetap memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi pada Pemilu 2019," sebutnya.

Dia tambahkan, bagi pemilih pada hari pemilihan telah sampai umur 17 tahun atau sudah memiliki hak suara, segera lapor pada petugas dan dinas Dukcapil.

"Kita juga meminta pada PPS, untuk mendata pemilih pemula ini, sehingga mereka bisa memiliki hak suara pada hari pemilihan," pungkasnya. (*)

Penulis: Rahmat Saputra
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved