Sambut Idul Adha, Presiden Afganistan Umumkan Gencatan Senjata Sementara dengan Taliban

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo berharap warga Afganistan bisa merayakan Idul Adha tahun ini dalam damai dan bebas dari rasa takut.

Sambut Idul Adha, Presiden Afganistan Umumkan Gencatan Senjata Sementara dengan Taliban
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo saat konferensi pers Kantor Kemenlu AS, di Washington, DC, pada Jumat (11/5/2018). (AFP/Mandel Ngan). 

SERAMBINEWS.COM - Pemerintah Amerika Serikat pada Minggu (19/8) menyambut pengumuman Presiden Afganistan Ashraf Ghani yang menyerukan gencatan senjata sementara dengan Taliban selama liburan Idul Adha hingga tiga bulan ke depan.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo berharap warga Afganistan bisa merayakan Idul Adha tahun ini dalam damai dan bebas dari rasa takut.

"Gencata senjata yang terakhir (Juni lalu) mengungkap keinginan mendalam rakyat Afghanistan untuk mengakhiri konflik," kata Pompoe, seperti diwartakan AFP.

Dia berpendapat gencatan senjata akan menggerakkan negara itu lebih dekat pada keamanan yang berkelanjutan.

Baca: Lahir Tepat dengan Pembukaan Asian Games, Ini Harapan Ayah dari Bayi Adibah Asian Games

"AS dan mitra internasional kami mendukung inisiatif rakyat dan pemerintah Afganistan. Kami menyerukan kepada Taliban untuk berpartisipasi," imbuhnya.

Seperti diketahui, Ghani menyerukan gencatan senjata dengan kelompok Taliban selama liburan Idul Adha.

"Gencatan senjata harus diamati dari kedua belah pihak, dan kelanjutan serta durasinya juga tergantung pada sikap Taliban," kata Ghani, seperti dikutip dari ABC News.

Pemerintah Afganistan menilai jika Taliban sepakat mengenai gencatan senjata, akan terlihat pada Senin dan Selasa pekan ini serta hari libur Idul Adha.

Dia berharap perpanjangan gencatan senjata dapat bertahan hingga 21 November mendatang, untuk menandai hari kelahiran Nabi Muhammad.

"Saya sekali lagi mengumumkan gencatan senjata mulai besok sampai hari ulang tahun nabi asalkan Taliban menanggapinya," ucap Ghani.

Halaman
12
Editor: Fatimah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved