Pakaian dari Kopi dan Kertas di Pawai GAMIFest

Pawai budaya Gayo Alas berlangsung meriah melibatkan 500 peserta mewakili empat kabupaten

Pakaian dari Kopi dan Kertas di Pawai GAMIFest
PELAJAR dan seniman memakai pakaian tradisional saat mengikuti pawai budaya Gayo Alas Mountain International Festival (GAMIFest) 2018 di Takengon, Aceh Tengah, Minggu (16/9). 

* Disepakati Menjadi Even Tahunan

TAKENGON - Pawai budaya Gayo Alas berlangsung meriah melibatkan 500 peserta mewakili empat kabupaten, yaitu Aceh Tengah, Bener Meriah, Aceh Tenggara, dan Gayo Lues.

Pawai budaya dalam rangka Gayo Alas Mountain International Festival (GAMIFest) berlangsung di Takengon, ibu kota Kabupaten Aceh Tengah, Minggu (16/9).

Peserta dilepas dari depan Kantor Bupati Aceh Tengah, melintasi sejumlah jalan protokol. Masyarakat Takengon tampak sangat antusias menyaksikan pawai yang berlangsung semarak itu.

Beragam kreativitas ditampilkan dalam pawai yang bertemakan ‘budaya, kopi, dan lingkungan.’ tersebut. Kreativitas peserta pawai antara lain memanfaatkan daun kopi, buah kopi, kertas koran, plastik bekas, dan lain-lain sebagai asesoris pakaian.

Iskandar dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tengah mengatakan, pawai juga diikuti oleh sekolah yang ada di Aceh Tengah serta peserta mewakili empat kabupaten di Gayo Alas.

Delegasi Aceh Tenggara menampilkan pengantin berkuda dalam iring-iringan pawai. Peserta dari Gayo Lues menampilkan pakaian Saman dengan warna sangat kontras.

Kemeriahan pawai disempurnakan dengan pertunjukan drum band yang membawakan beberapa lagu Gayo dan lagu hits Indonesia. GAMIFest menampilkan beragam kegiatan seni budaya dan olahraga danau, serta kemping 100 tenda di Danau Laut Tawar.

Album Ayo Ngopi
Album Ayo Ngopi berisi musik dan puisi diluncurkan di Kute Coffee Takengon. Hadir Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Dr Diyah Erti Idawati dan menyanyikan lagu ‘Ayo Ngopi’ bersama-sama.

Album Ayo Ngopi diproduksi Smong Coffee Yogyakarta, menampilkan kelompok Rangkaian Bunga Kopi.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved