Setelah Kebakaran Sumur Minyak, Kemensos Salurkan Bantuan Bencana Sosial ke Pasir Putih

Karena di gampong ini terjadi ledakan sumur minyak yang menelan korban kebakaran 58 orang, dan 29 di antaranya meninggal dunia

Setelah Kebakaran Sumur Minyak, Kemensos Salurkan Bantuan Bencana Sosial ke Pasir Putih
SERAMBINEWS.COM/SENI HENDRI
Dialog forum keserasian sosial yang dihadiri perangkat dan masyarakat gampong Pasir Putih, Muspika, dan pejabat Dinsos Aceh Timur, di aula kantor camat Ranto Peureulak, Selasa (18/9/2018). 

Laporan Seni Hendri | Aceh Timur 

SERAMBINEWS.COM, IDI - Camat Ranto Peureulak, Saiful, Selasa (18/9/2018) membuka dialog forum keserasian sosial yang dihadiri perangkat dan masyarakat gampong Pasir Putih, Muspika, dan pejabat Dinsos Aceh Timur, di aula kantor camat setempat.

Dialog ini digelar untuk menentukan prioritas pembangunan fisik seiring bantuan bencana sosial yang disalurkan oleh Dirjen Penanggulangan Bencana Kemensos RI ke Gampong Pasir Putih, pasca musibah kebakaran sumur minyak tradisional di daerah itu yang terjadi Rabu 25 April 2018 lalu.

Saiful menyebutkan latar belakang turunnya bantuan ini berawal Dinsos Atim meminta Muspika untuk mengusulkan bantuan ke Kemensos pascamusibah kebakaran beberapa waktu lalu.

Baca: 4 Bulan Berlalu, Begini Kondisi Sumur Minyak Ranto Peureulak yang Meledak dan Merenggut 29 Nyawa

Setelah melalui koordinasi dengan berbagai pihak, jelas Saiful, sehingga Gampong Pasir Putih yang diusulkan untuk menerima bantuan.

Karena di gampong ini terjadi ledakan sumur minyak yang menelan korban kebakaran 58 orang, dan 29 di antaranya meninggal dunia.

“Alhamdulillah kini telah terealisasi. Kami harapkan kepada masyarakat terimalah bantuan dari pemerintah ini dengan ikhlas. Bantuan ini bukan proyek melainkan bantuan swadaya yang dikelola oleh masyarakat,” jelas Saiful saat membuka acara.

Baca: Kasus Meledaknya Sumur Minyak ke Jaksa

Kabid Linjamsos Dinsos Aceh Timur, Badruddin, mengatakan, bantuan dari Kemensos ini disalurkan pasca terjadinya bencana sosial berupa musibah kebakaran di Gampong Pasir Putih.

Bantuan yang disalurkan, katanya, berupa dana untuk pembangunan fisik Rp 100 juta, dan nonfisik Rp 50 juta.

“Harapan kita bantuan ini dapat dipergunakan sebaik-baiknya untuk membangun sesuai kebutuhan di lapangan pascaterjadi musibah kebakaran,” harap Badruddin, seraya menyebutkan selain Aceh Timur, Kabupaten Aceh Besar, dan Pidie Jaya juga mendapat bantuan keserasian sosial dari Kemensos tahun 2018 ini.

Baca: Setelah Penutupan Sumur Minyak yang Meledak, Warga Dilarang Memasak dan Membakar di Radius Ini

Sementara itu, Ketua Forum Keserasian Sosial Pasir Putih, Jamaluddin, mengatakan dana bantuan dari Kemensos RI itu akan dipergunakan untuk membangun insfrastruktur sesuai permintaan masyarakat di gampong tersebut.

“Rencananya bantaun itu untuk merehab parit, merehab jalan masuk ke TKP sumur minyak yang telah ditutup, menutup kolam, dan membangun tugu prasasti di simpang jalan masuk ke sumur minyak yang telah ditutup tersebut,” jelas Jamaluddin, seraya mengucapkan terimakasih kepada Kemensos RI atas bantuan yang telah disalurkan. (*)

Penulis: Seni Hendri
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved