Breaking News:

Tak Hanya Kode ala Zumi Zola, Inilah Deretan Sandi yang Digunakan para Koruptor saat Beraksi

Total uang yang diterima oleh Tonny Budiono sebesar 2,3 miliar rupiah diberikan secara bertahap melalui transfer ke rekening Tonny.

Tribunnews.com
Jalani Sidang Perdana, Zumi Zola Tak Ditemani Pihak Keluarga 

SERAMBINEWS.COM - Banyak sekali akal bulus para koruptor dalam menjalankan aksi kriminalnya ini.

Salah satunya adalah dengan berkomunikasi menggunakan kode atau sandi khusus untuk menyamarkan kata-kata korupsi itu sendiri.

Yang terbaru adalah sandi yang digunakan oleh Zumi Zola dalam menerima uang gratifikasinya. Sandi Zumi Zola tergolong  rumit karena tiap partai saja punya kode berbeda.

Namun rupanya kode dan sandi ini tak hanya digunakan Zumi Zola, lho!

Baca: Kakek Manjhi Sempat Dianggap Gila Karena Nekat Membelah Gunung Selama 22 Tahun Demi Desanya

Dilansir dari kompas.com, inilah 7 kode dan sandi yang digunakan koruptor saat bertransaksi agar kegiatan buruk mereka tak mudah diketahui.

1. Kode "Pengajian"

Kode "pengajian" digunakan pada kasus suap yang dilakukan Anggota Komisi XI DPR RI, Aditya Anugrah Moha terhadap Ketua Pengadilan Tinggi Manado, Sudiwardono.

Pengajian di sini bukanlah pengajian yang kegiatan agama itu, melainkan kode yang digunakan untuk kata asli bertemu dan bertransaksi uang suap.

Baca: Gelar Lomba Cipta Menu Beragam, Wakil Wali Kota Lhokseumawe Berharap Dapat Diterapkan di Masyarakat

Wakil Ketua KPK, Laode Muhammad Syarif mengungkapkan, tersangka sering berkirim pesan dengan modus "kapan pengajiannya?" atau "di mana lokasi pengajian malam ini?"

Pemberian suap ini dilakukan oleh Aditya untuk memengaruhi keputusan banding atas kasus korupsi Tunjangan Pendapatan Aparat Pemerintah Desa Kabupaten Bolaang Mongondow selama dua periode, tahun 2001-2006 dan 2006-2011.

Halaman
1234
Editor: Fatimah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved