Luar Biasa, Siswi SMK Simpang Jernih Rebut Medali Emas Renang O2SN Tingkat Nasional

Namanya Kasmah, siswa SMK Negeri 1 Simpang Jeunih, berhasil memgharumkan nama Aceh di tingkat nasional.

Luar Biasa, Siswi SMK Simpang Jernih Rebut Medali Emas Renang O2SN Tingkat Nasional
ist
Kasmah (tengah) siswi SMK Negeri 1 Simpang Jernih, Aceh Timur berhasil merebut medali emas renang pada Olimpiade olahraga siswa Nasional (O2SN) untuk Aceh di Yogyakarta, yang berakhir Jumat (21/9/2018). 

Laporan  M Nasir Yusuf | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Luar biasa, kalimat itulah patut disematkan kepada siswi yang bermukim di pedalaman Aceh Timur.

Namanya Kasmah, siswa SMK Negeri 1 Simpang Jeunih, berhasil memgharumkan nama Aceh di tingkat nasional.

Dara yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Kejuruan itu berhasil meraih gelar juara I dan sekali mendulang medali emas cabang Renang 100 M Gaya Bebas Putri tingkat nasional.

Siswi yang bermukimdi pedalaman Aceh Timur itu, mendulang emas setelah berlatih keras dan mengalahkan rival-rivalnya dari 33 provinsi lainya bertarung di Yokyakarta.

Baca: VIDEO - Kenalan Yuk! Dengan Empat Siswa Aceh Peraih Medali FLS2N 2018

Ia merupakan juara pertama lomba Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat provinsi Aceh yang mendapat binaan khusus Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Dinas Pendidikan Aceh, Teuku Miftahuddin. M.Pd.

Selama berlangsungnya even berskala nasional itu, atlet dari SMK turut didampingi Drs Zulkarnaini, staf Seksi Kesiswaan dan Pembangunan Karakter pada Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan Aceh.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin, M.Pd, menyebutkan, pada O2SN tingkat nasional di Yokyakarta, Aceh mendulang enam medali, dua emas, dua perak, dan dua medali perunggu.

Sedangkan satu medali emas lainnya dipersembahkan oleh Muhammad Tawakallah Nagata, siswa SMP Negeri 3 Banda Aceh yang berlaga pada cabang Karate Kumite +50 Kg Putra.

Baca: Ini Alasan Mengapa Bonus Atlet Peraih Medali Asian Games Bisa Cepat Cair dan Tanpa Potongan

Sementara dua medali perak diraih Eka Safitri, pelajar SD Negeri Bukit Rata, Aceh Tamiang, pada cabang Pencak Silat-Tanding Putri (38-40) dan Riswani, pelajar SMK Negeri 1 Takengon, cabang Atletik Lari 800 M Putri.

Dua medali perunggu lainnya masing-masing direbut M. Nafis Syiraz, pelajar SD ITTeuku Umar Meulaboh, Aceh Barat di cabang Bulutangkis Tunggal Putra dan Rima Bengi, pelajar SMK Negeri 1 Takengon, Aceh Tengah, pada Pencak Silat Tanding Putri.

Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tahun 2018 yang diselenggarakan di Yogyakarta, dibuka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) dalam laporannya menyebutkan, O2SN 2018 diikuti 4.423 orang.

Ada sembilan cabang olahraga yang dipertandingkan, yaitu atletik, renang, bulutangkis, pencak silat, karate, senam, bocce, balap kursi roda, dan catur.

Khusus untuk siswa berkebutuhan khusus, ada empat cabang olahraga, yakni bulutangkis, bocce, catur dan balap kursi roda. Para atlet akan memperebutkan total 448 medali. (*)

Penulis: Nasir Yusuf
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved