Ribuan KK Menumpuk di Disdukcapil

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Simeulue Ali Hasmi mengatakan saat ini

Ribuan KK Menumpuk di Disdukcapil
KADISDUKCAPIL Simeulue Ali Hasmi SH memperlihatkan kartu keluarga dan akta kelahiran yang tidak diambil pemiliknya sejak setahun terkahir. Diimbau kepada masyatakat untuk segera mengambilnya di Disdukcapil Simelue. Foto direkam Kamis (20/9). 

SINABANG - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Simeulue Ali Hasmi mengatakan saat ini ada seribuan kartu keluarga (KK) dan akta kelahiran menumpuk di Disdukcapil dan belum diambil oleh pemiliknya. Padahal, berkas-berkas tersebut sudah selesai diproses.

“Banyak yang belum diambil. Perkiraan ada seribu lebih KK maupun akta kelahiran yang sudah selesai diproses,” katanya kepada Serambi Kamis (20/9). Ali Hasmi yang baru menjabat sejak empat bulan terakhir, menambahkan berkas KK maupun akta kelahiran yang belum diambil itu ada yang sudah lebih setahun berada di Disdukcapil. Amatan Serambi di Disdukcapil, ribuan KK dan akta kelahiran itu masih tersimpan dan berkasnya dipisahkan setiap kecamatan.

“Tolong dikabarkan kepada saudara-saudara kita mohon diambil. Karena berkas ini penting sekali untuk mengurus berbagai keperluan,” imbuhnya. Pada kesempatan itu juga, ia mengatakan bahwa saat itu warga yang mengurus berkasnya ke Disdukcapil meminta supaya dipercepat selesai.

“Tetapi, begitu selesai tidak juga diambil. Ini yang perlu juga diluruskan, selalu kita yang disalahkan kalau berkasnya terlambat diproses. Karena, memang tidak kita proses kalau berkasnya tidak lengkap. Kalau berkas lengkap, lima menit siap kita proses,” jelas Ali Hasmi, seraya mengatakan tidak mempersulit warga saat mengurus berkas di Disdukcapil Simeulue.

Sementara itu, bagi warga Simeulue yang jauh dari pusat pemerintahan sangat memahami perjalanan ke Kota Sinabang mengurus berkas kependudukan. Untuk menghindari bolak-balik ke Disdukcapil, warga diminta untuk melengkapi segala syarat yang sudah ditentukan.

“Tidak berani petugas kita memproses kalau syaratnya tidak lengkap. Makanya kami minta supaya dilengkapi dulu sebelum mendatangi Disdukcapil. Sering kita sampaikan, tapi tetap ada yang tidak lengkap,” katanya.(sm)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved