Terkait DCT, Hanura Gugat KIP Aceh Timur

Dewan Pimpinan Cabang Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Aceh Timur, Senin (24/9) mendaftarkan gugatan

Terkait DCT, Hanura Gugat KIP Aceh Timur
kompas.com

IDI - Dewan Pimpinan Cabang Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Aceh Timur, Senin (24/9) mendaftarkan gugatan ke Panwaslih Aceh Timur, menyusul dicoretnya kader partai tersebut dari Daftar Calon Tetap (DCT).

Gugatan didaftarkan dengan nomor registrasi 001/PS.Reg/01.15/IX/2018. “Gugatan telah kita daftarkan dan semua persyaratan sudah terpenuhi,” kata Ketua Partai Hanura, Ismail Abda, kepada Serambi, Selasa (25/9).

Ismail Abda mengatakan, tindakan yang dilakukan KIP dengan mencoret nama Abdullah Cut Ali dari DCT sangat merugikan partainya. Padahal dia mengaku, semua persyaratan telah terpenuhi sebagaimana diatur dalam PKPU Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Pencalonan Anggota DPR dan DPRD sesuai bunyi pasal 27 ayat 6 dan 7.

“Kita menilai pencoretan Abdullah Cut Ali merupakan tindakan berlebihan yang dilakukan oleh Komisioner KIP tanpa memperhatikan bunyi pasal 27 PKPU nomor 20 Tahun 2018 ayat 7 huruf a dan b secara keseluruhan,” ujar Ismail.

Penerapan dan pemberlakuan PKPU Nomor 20 Tahun 2018 menurut Ismail Abda, terkesan dipaksakan oleh KIP tanpa dilakukan sosialisasi terlebih dahulu melalui media massa sebagaimana diamanatkan Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2016 tentang Pemilu.

Ketua Panwaslih Aceh Timur, Maimun, mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti laporan tersebut jika terpenuhi syarat formil dan materil.

Menurutnya, tahapan pertama diproses melalui mediasi dan apabila mediasi tidak mencapai kesepakatan maka baru dilanjutkan dengan sidang semi peradilan untuk memutuskan satu perkara berdasarkan alat bukti dan sesuai dengan perundang-undangan.

“Kita berharap selesai di tahap mediasi, karena berlanjut ke tahap adjudikasi membutuhkan waktu yang panjang dan dapat mengganggu penyelenggaraan Pemilu,” tutup Maimun.

Sementara, Ketua Pokja Pencalonan KIP Aceh Timur, Sofyan, menegaskan bahwa penghapusan bacaleg Hanura dari DCT sudah sesuai prosedur. “Sebelumnya kita juga sudah koordinasikan kepada ketua parpol saudara Ismail Abda,” ucap Sofyan.(c49)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved