Pensiunan Wajib Rekam Biometrik

Mulai 1 Oktober mendatang, semua pensiunan yang dana pensiunnya dibayarkan oleh Kantor Cabang

Pensiunan Wajib Rekam Biometrik
Taspen Banda Aceh Serahkan Santunan 

* Cukup Sekali Seumur Hidup

BANDA ACEH - Mulai 1 Oktober mendatang, semua pensiunan yang dana pensiunnya dibayarkan oleh Kantor Cabang (KC) PT Taspen (Persero) Lhokseumawe wajib melakukan perekaman biometrik atau lebih dikenal dengan proses enrollment. Perekaman biometrik tersebut cukup dilakukan sekali saja dan akan digunakan seumur hidup oleh pensiunan yang bersangkutan.

Kepala Kantor Cabang PT Taspen (Persero) Lhokseumawe, Khairul, kepada Serambi, kemarin, menjelaskan, tujuan enrollment adalah mempermudah pensiunan melakukan otentikasi secara digitalisasi untuk pengambilan dana pensiun setiap bulan. Menurutnya, otentikasi digitalisasi adalah otentikasi yang dilakukan melalui smartphone.

“Nantinya pensiunan tidak harus datang lagi ke Kantor Bayar untuk mengambil uang pensiun, tapi cukup melakukan otentikasi melalui smartphone. Setelah itu dana tersebut langsung terkirim ke rekening pensiunan yang bersangkutan. Dengan demikian, pensiunan tersebut bisa mengambil dana pensiunnya melalui anjungan tunai mandiri (ATM) di bank yang ada kerja sama dengan Taspen,” jelas Khairul.

Karena itu, Khairul mengimbau kepada seluruh pensiunan yang dana pensiunnya dibayarkan oleh PT Taspen mulai 1 Oktober 2018 agar mendatangi Kantor Bayar Bank/Kantor Pos yang ditunjuk untuk melakukan perekaman biometrik/enrollmen.

Khairul menambahkan, enrolment yaitu pengambilan data biometrik wajah (face), sidik jari (finger print), dan suara (voice). “Pada saat perekaman biometrik pensiunan agar membawa Karip Asli, KTP asli, dan buku tabungan,” pinta Khairul.

Sedangkan untuk pensiunan dalam wilayah kerja PT Taspen (Persero) Cabang Banda Aceh, perekaman biometrik ini sudah berlangsung sejak Agustus 2018 di Kantor PT Taspen Banda Aceh. Kemudian, sejak 1 September 2018, mulai dilayani di 14 kantor pos mitra bayar dalam wilayah kerja Kantor Taspen Cabang Banda Aceh dan di 31 bank mitra bayar. Hal ini seperti diberitakan Serambi 29 Agustus 2018. (jal)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved