Cegah DBD, Program Bersih Kampung Digalakkan

Forum Komunikasi Koordinasi Kecamatan (Forkopimka) Banda Mulia menggalakkan program gotong royong

Cegah DBD, Program Bersih Kampung Digalakkan
SERAMBINEWS.COM/M Nasir
Petugas pukesmas Langsa Lama melakukan penyemprotan atau fogging DBD di Dusun Bahagia Satu, Desa Merandeh Teungoh, Kecamatan Langsa, Kota Langsa, Sabtu (21/11). 

KUALASIMPANG - Forum Komunikasi Koordinasi Kecamatan (Forkopimka) Banda Mulia menggalakkan program gotong royong di seluruh kampung. Selain untuk meningkatkan keindahan kampung, program ini juga untuk mencegah penyebaran nyamuk demam berdarah dengue (DBD).

Program bersih kampung ini dimulai di Desa Paya Rahat, Jumat (28/9) pagi. Seluruh perangkat Forkopimka bersama masyarakat terlibat dalam kegiatan ini. Camat Banda Mulia Muhammad Farij mengatakan, program ini akan rutin dilakukan setiap Jumat dengan menyasar seluruh kampung. Diketahui, di Kecamatan Banda Mulia terdapat sepuluh kampung. “Kami sudah mengagendakan bahwa satu kampung akan dilakukan gotong royong bersama pada setiap hari Jumat,” kata Farij, Jumat (28/9).

Poin utama dari kegiatan ini, kata dia, untuk menjaga kesehatan masyarakat dari serangan penyakit, terutama demam berdarah dengue. Ia khawatir intensitas hujan yang mulai tinggi akhir-akhir ini menyebabkan penyebaran nyamuk meningkat.

Selain itu, kegiatan bersih lingkungan ini juga sebagai persiapan menyambut perlombaan kampung yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat. “Target kita ingin menjadikan seluruh kampung di Banda Mulia bersih dan sehat. Kita ingin menumbuhkan budaya gotong royong di kalangan masyarakat,” sambungnya.

Masyarakat sendiri cukup antusias menjalankan program ini, karena membantu mereka menata perkarangan masing-masing. Manfaat lain yang didapat dari program ini, masyarakat bisa meningkatkan silaturahmi. “Kan warga masing-masing punya kegiatan. Jadi, dengan adanya gotong royong ini, bisa saling silaturahmi,” kata seorang warga, Hendra.(mad)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved