Nova Lantik 42 Pejabat

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah MT melantik 42 orang pejabat eselon II, III, dan IV di Gedung Serbaguna

Nova Lantik 42 Pejabat
SERAMBI/M ANSHAR
Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menyaksikan penandatanganan berita acara pelantikan pejabat eselon II, III, dan IV di ruang serbaguna Kantor Gubernur Aceh, Jumat (28/9/2018). SERAMBI/M ANSHAR 

* Dari Eselon II hingga IV

BANDA ACEH - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah MT melantik 42 orang pejabat eselon II, III, dan IV di Gedung Serbaguna, Setda Aceh, Jumat (28/9). Pelantikan itu dilakukan dalam suasana sederhana dan berjalan singkat, dihadiri Asisten II Setda Aceh, dr Taqwallah MKes selaku Nota Dinas Sekda Aceh, serta para kepala dinas dan badan.

Dari 42 pejabat yang dilantik, dua di antaranya eselon II, yaitu Drs T Syarbaini MSi sebagai Kepala Dinas Registrasi Penduduk Aceh, menggantikan pejabat lama Umar Dhani, dan Irawan Pandu Negara SIP MSi dilantik sebagai Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa, menggantikan Ir Nizarli MT yang bulan lalu mengundurkan diri.

Ini pelantikan gelombang kedua yang dilakukan Nova Iriansyah sejak ia menjabat Plt Gubernur Aceh. Sebelumnya, pada 17 September 2018 lalu, Nova melantik 626 pejabat eselon II dan III di lingkungan Setda Aceh.

Seusai pelantikan kemarin, Nova Iriansyah ditanya Serambi tentang masih adanya tiga jabatan yang belum diisi, yaitu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Kepala Badan Pengelolaan Keuangan, dan Sekretaris DPRA. Ia jelaskan mengapa Kepala Disbudpar Aceh sampai kini belum diisi. Menurutnya, tiga orang calon pejabatnya yang sudah lulus mengikuti fit and profer test pada Februari 2018 secara terbuka, berdasarkan kriteria yang diinginkan Gubernur Aceh belum ada yang memenuhi.

Menurut Nova, Disbudpar Aceh itu salah satu dinas primadona yang akan diandalkan ke depan untuk membangun industri pariwisata Aceh agar bisa berkembang dengan pesat, makanya perlu dicari pejabat yang lebih tepat untuk job tersebut.

Untuk pejabat yang baru, lanjut Nova, tetap akan diisi dengan dua cara. “Pertama, kita rekrut kembali dengan cara lelang terbuka atau penunjukan langsung, tapi lebih dulu dikonsultasi kepada Kemendagri dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Jakarta, sesuai aturan,” kata Nova.

Konsultasi itu, lanjut Nova, akan dilakukan bersamaan dengan membawa dua nama calon Sekretaris DPRA yang baru, yaitu Drs M Ali Al Fatah MM dan Suhaimi SH MH. Untuk jabatan Sekretaris DPRA sampai kini belum juga diisi, sementara menurut info, pejabat lama yakni A Hamid Zein MH akan memasuki masa pensiun bulan depan.

Minggu lalu, kata Nova Iriansyah, pihaknya sudah mengusulkan tiga nama calon Sekretaris DPRA yang lulus assesment atau fit and profer test, pada bulan Februari lalu kepada Pimpinan DPRA. Dari tiga nama yang minta dipilih satu nama, Pimpinan DPRA bersama fraksi-fraksinya memilih dua nama, yaitu Drs M Ali Al Fatah MM dan Suhaimi SH, MM.

Dua nama yang telah dipilih Pimpinan DPRA bersama fraksi-fraksinya itu akan disampaikan kepada Mendagri dan Komisi ASN, untuk dimintai izin dan memilih menjadi satu nama.

Halaman
12
Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved