Jembatan Penghubung Antarkecamatan Ambruk

Abutment jembatan penghubung antarkecamatan di Desa Bukit Harapan, Gunung Meriah, Aceh Singkil, ambruk

Jembatan Penghubung Antarkecamatan Ambruk
ABUTMENT jembatan penghubung antarkecamatan di Desa Bukit Harapan, Gunung Meriah, Aceh Singkil, ambruk, Minggu (30/9). 

SINGKIL - Abutment jembatan penghubung antarkecamatan di Desa Bukit Harapan, Gunung Meriah, Aceh Singkil, ambruk, Minggu (30/9). Kondisi itu menyebabkan kendaraan tidak bisa melintas, terutama truk pengangkut kelapa sawit. Berdasarkan pantauan abutment jembatan yang ambruk sekitar 4 meter dengan panjang 2 meter.

Ambruknya jembatan tersebut sudah cukup lama terjadi. Sebelumnya masih bisa dilintasi. Namun pasca hujan deras mengguyur wilayah itu sepanjang malam kemarin, bagian abutment yang ambruk bertambah lebar. Alhasil kendaraan roda empat tidak bisa lagi melewatinya.

“Longsornya saat hujan deras,” kata Ali warga di lokasi kejadian kepada Serambi kemarin. Sejauh ini hanya kendaraan roda dua yang bisa melintas melalui sisi abutment jembatan yang belum ambruk. Itu pun harus ekstra hati-hati agar tidak terperosok ke lubang yang menganga. Sementara itu kendaraan roda empat tidak bisa melintas, kecuali mobil kecil yang sopirnya nekat memaksa menerobos masuk ke sungai di sisi jembatan yang airnya mulai surut setelah hujan reda.

Jembatan yang abutmennya ambruk merupakan urat nadi perekonomian antarkecamatan. Jembatan itu menghubungkan Kecamatan Gunung Meriah, Singkohor dan Kecamatan Kota Baharu. Untuk diketahui, Singkohor dan Kota Baharu merupakan sentra penghasil kelap sawit rakyat. Kemudian di Singkohor juga terdapat dua pabrik kelapa sawit.

Dengan ambruknya abutment jembatan tersebut maka, sawit petani serta crude palm oil (CPO) tidak bisa dibawa ke luar. Pemkab Aceh Singkil diminta segera memperbaiki jembatan tersebut. “Keberadaan jembatan ini sangat penting. Karena jalan ini merupakan urat nadinya perekonomian,” ujar Wahyu warga Singkohor.(de)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved