Al Urwatul Wutsqa Kokoh di Puncak

Juara Regional Sumatera 1 Aceh, Al Urwatul Wutsqa Krueng Mane, Aceh Utara, kokoh di puncak klasemen

Al Urwatul Wutsqa Kokoh di Puncak
PEMAIN Al Urwatul Wutsqa (biru putih) berusaha melepaskan diri dari hadangan pemain Nahdlatus Shaufiah pada lanjutan pertandingan LSN tingkat nasional di Stadion Mini Bekonang, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, siang kemarin. 

* LSN Tingkat Nasional di Jawa Tengah

SUKOHARJO - Juara Regional Sumatera 1 Aceh, Al Urwatul Wutsqa Krueng Mane, Aceh Utara, kokoh di puncak klasemen sementara grup E Liga Santri Nusantara (LSN) Tingkat Nasional Tahun 2018. Kepastian itu diperoleh setelah Faizun dkk memupuskan harapan juara Regional Nusa Tenggara 2, Nahdlatus Shaufiah Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), 3-1, pada laga kedua fase grup di Stadion Mini Bekonang, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, siang kemarin.

Dengan kemenangan tersebut, tim yang dimanajeri Ade Zulfadhli ini sudah mengumpulkan nilai enam hasil dua kali menang. Seperti diketahui, pada laga pertama, Senin (1/10) pagi, anak asuh Samsul Bahri Papi dan Ikhsan Zulkifli ini, sukses menghantam juara Regional Kalimantan 3, Al Falah Putra Banjar Baru Kalimantan Selatan, 4-1.

Hasil kemarin juga memperbesar peluang skuad Krueng Mane ini untuk mendapat satu tiket 16 besar. Mereka hanya butuh hasil imbang pada pertandingan terakhir agar bisa lolos sebagai juara grup E. Sesuai jadwal yang dirilis panitia, Al Urwatul Wutsqa akan melakoni partai ketiga melawan juara Nusa Tenggara 3, Al Ittihad Mangelawa Dompu, NTB, di Lapangan Kota Barat, Surakarta (Solo), Jawa Tengah, Rabu (3/10) pagi ini mulai pukul 07.30 WIB.

Menghadapi Nahdlatus Shaufiah, pemain Al Urwatul Wutsqa seperti Qismullah, Adami, Revi Ajral Saputra, dan Muhammad Mikail, tampil konstan. Buktinya, mereka hanya butuh waktu 16 menit untuk menjebol gawang lawan yang dijaga Andika Yuniardi Hasim. Adalah hentakan Ilham Mahfudzillah yang membawa Al Urwatul Wutsqa unggul 1-0.

Setelah gol itu, talenta tim asal Aceh Utara ini semisal M Haiqal Aqshar, Muhammad Halim, dan Faizun terus mengancam pertahanan Lombok Timur yang bermaterikan Zanur Wahyu Harpawan, Adita Dwi Prima Nanda, Gigih Prastia, dan Muhammad Rizki Febriansyah. Kendati sudah berusaha maksimal menahan gempuran lawan, namun gawang Nahdlatus Shaufiah akhirnya kembali bergetar akibat hentakan keras Faizun pada menit 27. Skor 2-0 untuk Al Urwatul Wutsqa bertahan hingga babak pertama berakhir.

Selepas jed, pemain Krueng Mane belum juga mengendurkan serangan. Rahmad Riski, Mulia Rizki, dan Yafizh Yazid bahu membahu terus menebar ancaman ke kubu NTB yang memainkan Muhammad Ali Fakar, Muhammad Hizbiallah, Riko Tempati, dan Gorin Azhari. Benar saja, petaka kembali menimpa skuad Nahdlatus Shaufiah pada menit 55. Pasalnya, tendangan keras Muhammad Mikail dari lingkaran tengah lapangan menembus gawang Lombok Timur dan mengubah kedudukan menjadi 3-0.

Setelah gol tersebut, pemain NTB seperti Giolivia Wido Septiarga, dan Lalu Lazio Aranta Gibran berusaha melakukan tekanan ke pertahanan lawan. Hasilnya, pada menit 68 Nahdlatus Shaufiah mampu memperkecil kekalahan menjadi 3-1 setelah sepekan pemain pengganti, Muhammad Sidik, tak mampu dijangkau kiper Al Urwatul Wutsqa, Muhammad Ambiya. Setelah itu, tensi pertandingan mulai menurun. Sehingga tak ada lagi gol yang tercipta. Alhasil, Al Urwatul Wutsaqa mampu mempertahankan keunggulannya hingga peluit panjang berbunyi.

Pada laga lain di grup E, wakil Nusa Tenggara 3, Al Ittihad Mangelawa Dompu, NTB, juga menang 3-1 atas juara Regional Kalimantan 3, Al Falah Putra Banjar Baru Kalimantan Selatan. Hasil itu mendongkrak mereka ke posisi kedua klasemen sementara menggeser tetangganya, Nahdlatus Shaufiah ke urutan ketiga.

Meski hanya membutuhkan hasil imbang pada laga terakhir grup E untuk bisa lolos ke babak 16 besar Liga Santri Nusantara (LSN) Tingkat Nasional Tahun 2018, namun kubu juara Regional Sumatera 1 Aceh, Al Urwatul Wutsqa Krueng Mane, Aceh Utara, tetap serius menghadapi wakil Nusa Tenggara 3, Al Ittihad Mangelawa Dompu, NTB, di Lapangan Kota Barat, Surakarta (Solo), Jawa Tengah, Rabu (3/10) pagi ini mulai pukul 07.30 WIB.

Manajer Al Urwatul Wutsqa, Ade Zulfadhli kepada Serambi seusai laga kemarin mengatakan, meski sudah dua kali menang, namun ia meminta semua pemain agar tidak sesumbar atau menganggap remeh lawan. Sebab, menurut Ade Zulfadhli, Al Ittihad Mangelawa Dompu juga masih berpeluang lolos ke 16 besar jika menang dalam duel tersebut.

“Kita sudah minta anak-anak agar tetap bermain fight dan pantang menyerah di setiap laga dengan selalu menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas. Hal ini penting untuk mencapai target kita masuk empat besar nasional,” ungkap Ade Zulfadhli didampingi Wakil Manajer, Syech Mulyadi.(jal)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved