Target Donasi Aceh untuk Palu Rp 1 M

Pemerintah Aceh menargetkan bisa menghimpun dana Rp 1 miliar melalui aksi kemanusiaan ‘Donasi Aceh untuk Palu’

Target Donasi Aceh untuk Palu Rp 1 M
KEPALA Sekretariat Baitul Mal Aceh, Muhammad Iswanto didampingi staf menyerahkan uang Rp 25 juta untuk korban gempa dan tsunami Sulteng melalui penggalangan ‘Donasi Aceh untuk Palu’ yang diterima Kalak BPBA, HT Ahmad Dadek didampingi Ketua Forum PRB Aceh, Nasir Nurdin, Kamis (4/10). 

BANDA ACEH - Pemerintah Aceh menargetkan bisa menghimpun dana Rp 1 miliar melalui aksi kemanusiaan ‘Donasi Aceh untuk Palu’ yang dikoordinir BPBA dan Dinas Sosial Aceh didukung oleh Forum Pengurangan Risiko Bencana (F-PRB) Aceh bersama sejumlah organisasi lainnya seperti RAPI, ACT, Forum LSM Aceh, Alumni BRR NAD-Nias, dan Yayasan Beudoh Gampong.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBA, HT Ahmad Dadek SH didampingi Ketua Forum PRB Aceh, Nasir Nurdin mengatakan, penggalangan ‘Donasi Aceh untuk Palu’ dibuka sejak 29 September 2018 atau sehari pascagempa dan tsunami yang meluluhlantakkan Kota Palu, Kabupaten Donggala, dan sejumlah wilayah lainnya di Sulawesi Tengah (Sulteng).

Menurut Dadek, aksi kemanusiaan itu dilaksanakan menindaklanjuti seruan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah agar seluruh lapisan masyarakat di Aceh membantu korban gempa dan tsunami Sulteng.

“Alhamdulillah, respons berbagai lapisan masyarakat sangat luar biasa. Kurang dari seminggu penggalangan, sudah terkumpul komitmen donasi maupun yang sudah merealisasikan komitmennya mencapai Rp 462.191.440,” kata Dadek sambil memperlihatkan update data pukul 17.30 WIB, Kamis (4/10).

Untuk sementara, kata Dadek, penggalangan masih dilakukan dengan cara memanfaatkan jaringan media sosial, termasuk grup broadcast WhatsApp yang dikelola Forum PRB Aceh dan imbauan kepada SKPA dan lembaga/organisasi di jajaran Pemerintah Aceh.

Dikatakan Dadek, masyarakat yang akan merealisasikan donasinya, bisa transfer ke Rekening Donasi Aceh untuk Palu, Bank BRI KCP Peunayong Nomor Rek. 205601000365302 atas nama Gempa dan Tsunami Palu atau diantar langsung ke Kantor BPBA, Jalan Tgk Daud Beureu-eh, Banda Aceh.

Selain donasi dalam bentuk uang, Pemerintah Aceh melalui BPBA dan Dinsos juga mengumpulkan bahan makanan berupa dendeng dari masyarakat, SKPA, dan berbagai kalangan lainnya.

Hingga Kamis kemarin, dendeng yang telah terkumpul antara lain dari BPBA 10 kg, DLHK 5 kg, Arpus 15 kg, dan bantuan dari perorangan. “Kita berharap aksi pengumpulan dendeng ini bisa berlangsung lancar sehingga bisa segera kita kirim untuk korban bencana di Sulteng,” demikian HT Ahmad Dadek.(mir)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved