Arung Jeram Terancam Gagal

Kegiatan arung jeram atau rafting menyusuri Sungai Alas yang terkenal ganas di Ketambe, Aceh Tenggara (Agara)

Arung Jeram Terancam Gagal
TIM junior putri Aceh berjuang menstabilkan posisi pada Kejurnas Arung Jeram di Sungai Bingei, Langkat, Sumatera Utara yang digelar 25-29 Oktober. 

* Adventure Trail Digelar November 2018

KUTACANE- Kegiatan arung jeram atau rafting menyusuri Sungai Alas yang terkenal ganas di Ketambe, Aceh Tenggara (Agara) yang direncanakan November 2018 terancam gagal. Sebaliknya, adventure trail dengan menghadiri para offroader dari luar Aceh juga akan digelar pada November dengan rute menantang di kawasan pedalaman Agara.

Untuk arung jeram di Sungai Alas yang sebenarnya sudah dikenal dunia, bahkan masuk tiga besar paling menantang di Indonesia belum jelas anggarannya dari Dinas Pariwisata Aceh. Bahkan, belum selesai ditender di Unit Layanan Pengadaan (ULP) dinas tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga (Kadisparpora) Aceh Tenggara, Zulkifli SPd, kepada Serambi, Kamis (4/10) mengatakan rafting atau arung jeram di Sungai Alas sudah dijadwalkan pada November 2018. Tetapi, even arung jeram Ketambe yang dialokasikan dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) sebesar Rp 500 juta dan sudah dua kali tampil atau tayang di ULP Banda Aceh belum ada pemenangnya.

“Makanya, untuk kegiatan arung jeram belum bisa kita lakukan persiapan apapun karena anggarannya belum ada kepastian dari DOKA,” ujar Zulkifli. Dia juga menyinggung beragam festival lainnya yang juga masuk dalam GAMIFest 2018, seperti lomba teater, marching band, tari dan lagu Alas.

Dia menambahkan untuk pelajar tingkat SD digelar lomba tarian bines, pelajar SMP tarian Alas dan SMA lomba tarian 11 etnis serta untuk peserta umum, lomba tarian saman dan nasyid rabana. Kegiatan itu diselenggarakan dari 26 hingga 30 Oktober 2018.

Zulkifli pada Jumat (5/10) menyatakan agenda sepeda motor trail menjelajahi kawasan pedalaman dan terpencil dilaksanakan pada November 2018, dimana masuk dalam agenda GAMIFest 2018. Dia berharap melalui adventure trail ini, duni pariwisata Agara akan lebih dikenal lagi, sehingga jumlah wisatawan yang berkunjung akan terus meningkat, baik lokal, nasional, maupun mancanegara.

Dia menjelaskan dana perhelatan Trail Adventure 2018 bersumber dari APBK 2018, sebesar Rp 180 juta. Disebutkan, rute para offroader akan dipenuhi dengan hutan lebat dan area perkebunan warga, selain pemandangan yang menakjubkan. Dia tetap berharap, arung jerang dan trail edventure akan dapat dilaksanakan sesuai jadwal yang telah direncanakan.

Namun, Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Aceh Tenggara menyorot even adventure trail yang dinilai hanya pemborosan anggaran dan menghambur-hamburkan uang rakyat. Dikatakan, kegiatan itu tidak bermanfaat bagi masyarakat miskin dan terkesan hanya kesenangan komunitas pecinta offroad saja.

“Jangan-jangan, kegiatan di Dinas Pariwisata dan Olahraga Agara disinyalir hanya menghambur-hamburkan uang saja, padahal seharusnya mengemas kegiatan yang lebih bermanfaat bagi masyarakat,” harap Bupati LIRA Agara, M Saleh Selian kepada Serambi, Jumat (5/10). Dia mencontohkan, seperti jalan atau sepeda santai, termasuk pertandingan olahraga untuk menjauhkan pemuda dari pengaruh narkoba

Menurut dia, seharusnya Bupati Agara, Raidin Pinim atau Tim Pengelola Anggaran Kabupaten (TPAK) tidak langsung menerima program tersebut, karena sudah berulangkali adventure trail digelar. Dia mengaku para pecinta sepeda motor trail boleh saja dilaksanakan, tetapi tidak harus mencicipi uang rakyat, melainkan mencari sponsor.

“Bupati Raidin harus membatalkan kegiatan adventure trail tersebut,” pintanya. Dia beralasan, kondisi saat ini masih dengan prosentase kemiskinan 14,46 persen dan anggaran defisit. Dia berharap SKPK membuat program yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Saat ini, program pemberdayaan ekonomi rakyat belum tersentuh seluruhnya dan kalau program seperti ini terus dilaksanakan, bagaimana bisa mensejahterakan rakyat Bumi sepakat Segenap ini,” ujar M Saleh.(as)

agenda festival
* 26 Sampai 30 Oktober 2018
* Teater, marching band, tari dan lagu Alas
* Pelajar SD ikuti tarian bines
* Pelajar SMP tarian Alas
* Pelajar SMA tarian 11 etnis
* Peserta umum, tarian saman dan nasyid
* Arung jeram November 2018?
* Agara Adventure Trail November 2018

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved