PORA Jantho tak Ditunda

Penyelesaian sejumlah bangunan fisik venue Pekan Olahraga Aceh (PORA) XIII di Jantho Sport City (JSC)

PLT Gubernur Aceh, Nova Iriansyah bersama Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali meninjau venue PORA XIII di Kompleks Jantho Sport City (JSC), kemarin. 

BANDA ACEH - Penyelesaian sejumlah bangunan fisik venue Pekan Olahraga Aceh (PORA) XIII di Jantho Sport City (JSC), Aceh Besar, terus dipacu menjelang sebulan pelaksanaan ajang olahraga multi even empat tahunan itu.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah optimis pembangunan sejumlah venue di seputar Kota Jantho dan sekitarnya akan selasai tepat waktu. PORA XIII Aceh Besar dijadwalkan berlangsung mulai 18 hingga 25 November 2018 mendatang.

“Kita sepakat kalau PORA akan digelar sebagaimana jadwal telah ditentukan. Tak ada keinginan untuk menunda PORA. Soal ada satu dua cabang yang venuenya tak siap, mungkin Bupati sudah menyiapkan plan B,” ungkap Nova ketika menjawab wartawan usai meninjau venue PORA di Komplek JSC Kota Jantho, kemarin.

Ia menambahkan, meskipun ditemukan tingkat progress penyelesaian venue masih sangat kecil seperti Gedung A depan Pendopo Bupati Aceh Besar, tapi ia yakin bangunan itu akan selesai tepat waktu, dan dapat digunakan pada pelaksanaan PORA nanti. Seperti diketahui, Gedung A tersebut akan disiapkan untuk pertandingan bola basket, dan bola voli indoor.

Hingga kini, katanya, belum ada rencana pemindahan venue ke luar Kota Jantho dan tetap digelar di Aceh Besar. “Ini PORA XIII Aceh Besar, dan yang pasti hingga saat ini, kita belum ada rencana memindahkan venue ke tempat lain di luar Aceh Besar,” tegas Nova Iriansyah.

Untuk penyelesaian tepat waktu, katanya, ia berharap semua stakeholder harus bersinergi untuk sama-sama mempercepat penyelsaian venue PORA. Ia juga mengharapkan, semua pihak untuk lebih konsentrasi pada penyelesaian venue. Pemilik anggaran baik APBK, APBA maupun APBN agar sama-sama bersinergi dan bahu-membahu mempercepat pembanguan venue. “Kita harus bersatu, dan menghindari pemisahan antara sumber dana baik APBK, APBA termasuk APBN. Jangan karena masalah administrasi, menghambat progress penyelesaian fisik venue PORA,” ujar Nova Iriansyah.

Pada kesempatan itu, ia berharap, para pengawas dan pelaksana proyek untuk memantau laju pembangunan venue selama 24 jam. Mereka harus membuat progress setiap saat sehingga proses pembangunan venue PORA akan selesai tepat waktu. Dengan manajemen waktu yang ketat, katanya, penyelesaian pembangunan venue di Kota Jantho dan sekitarnya akan selesai tepat waktu. “Saya optimis, minus lima hari jelang pembukaan PORA, semua venue sudah fungsional dan dapat digunakan,” ujar Nova Iriansyah.

Ia mengharapkan, dengan alokasi waktu tersisa 25 hari lagi, pelaksana harus menjadwalkan ulang (reschedule) pekerjaan yang dilakukan. Ia mencontohkan, ruas jalan akses ke stadion utama, sepanjang 150 meter harus dibangun terlebih dahulu, sehingga jalan ini dapat digunakan pada saat pembukaan PORA nanti.

Ia khwatir, jika hujan terus menurus mengguyur Kota Jantho, maka pembangunan ruas jalan sepanjang 150 meter itu tidak selesai tepat waktu. “Manajemen waktu harus diperbaiki, sehingga kemajuan pekerjaan dapat diselesaikan dari jam ke jam menjadi lebih jelas. Saya akan evaluasi progress pengerjaan venue melalui Pengendalian Percepatan Kegiatan (P2K) APBA,” pungkas Nova Iriansyah.

Sementara Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali mengatakan, semua venue sudah rampung dikerjakan, hanya gedung A yang tingkat penyelesainnya masih rendah. Namun, ia yakin pembanguan gedung A akan tepat waktu.

Meskipun tidak siap seratus persen, tapi bangunan yang digunakan untuk cabang basket dan bolavoli indoor itu dapat digunakan pada hari pertandingan. “Kalaupun tidak dapat digunakan, kami akan mencari alternatif lain untuk dua cabang olahraga itu,” ujar Mawardi Ali.

Dalam peninjauan itu, juga dihadiri Ketua Tim P2K APBA, dr Taqwallah MKes, Dandim 0101/BS Kolonel Inf Iwan Rosandriyanto, sejumlah kepala SKPA dan kepala SKPK Aceh Besar. Nova Iriasnyah berjanji akan kembali meninjau laju pembanguan venue PORA di Kota Jantho pada 11 November 2018 mendatang.(min)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved