Breaking News:

Indonesia Penyumbang Sampah Plastik Terbesar ke-2 di Dunia, 3,2 Juta Ton Dibuang ke Laut

Tidak hanya itu, kantong plastik yang terbuang ke lingkungan (daratan) sekitar 10 miliar lembar per tahun atau 85.000 ton kantong plastik.

Editor: Fatimah
Brooke Pyke
sampah plastik 

SERAMBINEWS.COM - Pada Minggu (19/8), Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, mengatakan, Indonesia merupakan penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia yang dibuang di laut.

“Indonesia merupakan negara penyumbang sampah plastik ke lautan terbesar kedua di dunia, sampah plastik sangat berbahaya," ujar Susi dalam sebuah keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Susi menambahkan, berdasarkan data yang diperoleh dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik (BPS), sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton/ tahun.

Di mana sebanyak 3,2 juta ton merupakan sampah plastik yang dibuang ke laut.

Baca: Sri Mulyani Dinobatkan Jadi Menteri Keuangan Terbaik 2018 se-Asia Pasifik Timur

Tidak hanya itu, kantong plastik yang terbuang ke lingkungan (daratan) sekitar 10 miliar lembar per tahun atau 85.000 ton kantong plastik.

Padahal kita semua tahu bahwa ketika sampah plastik masuk ke laut, mereka dapat terbelah menjadi partikel-partikel kecil yang disebut microplasctics dengan ukuran 0,3 hingga lima mm.

Microplasctics inilah yang sangat mudah dikonsumsi oleh hewan laut. Seperti ikan.

Lalu bagaimana mengurangi sampah plastik?

Pertama, Anda bisa menggunakan paper bag sebagai pengganti kantong plastik.

Bawalah paper bag atau tote bag sendiri yang bisa Anda gunakan berulang kali. Ketika orang ingin memberi Anda kantong plastik, bilangnya tidak perlu.

Lalu simpan barang Anda dalam tote bag.

Baca: Steffy: Abang Minta Dana

Selain lebih mudah, Anda juga bisa membawa barang Anda dengan jumlah yang lebih banyak.

 
Menurut sumber yang sama, lanjut dia, kantong plastik yang terbuang ke lingkungan sebanyak 10 milar lembar per tahun atau sebanyak 85.000 ton kantong plastik.

Kedua, untuk botol.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved