Personel TNI Kodim Aceh Selatan Evakuasi Warga dari Lokasi Longsor

untuk melewati lokasi itu harus bergelut dengan tumpukan tanah dan batang pohon yang tumbang

Personel TNI Kodim Aceh Selatan Evakuasi Warga dari Lokasi Longsor
SERAMBINEWS.COM/TAUFIK ZASS
Personel TNI dari Kodim 0107/Aceh Selatan membantu warga yang terkena banjir, Selasa (16/10/2018). 

Laporan Taufik Zass | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Pasca-hujan lebat yang mengguyur kawasan Aceh Selatan, Senin (15/10/2018) sore mengakibatkan sebagian besar pemukiman penduduk dilanda banjir, banyak rumah warga tergenang air.

Bahkan, dikabarkan Plh Danramil 13/Kluet Timur, Sersan Mayor Mutrizal, Selasa (16/10), diwilayahnya bukan hanya banjir, namun juga terjadi tanah longsor di jalan akses menuju tiga gampong di Kecamatan Kluet Timur, yakni Gampong Lawe Buluh Didi, Gampong Lawe Cimanok dan Gampong Lawe Sawah.

"Longsor menutupi badan jalan di area Gunung Pancek Desa Lawe Bulu Didi arah menuju turun ke Desa Paya Dapur. Akses jalan terputus total, tidak bisa dilewati kendaraan," katanya.

Baca: Banjir Landa Aceh Selatan, Jalan Nasional Ikut Tergenang

Dikatakannya, banyak warga Desa Lawe Bulu Didi hendak turun ke Desa Paya Dapur untuk melakukan berbagai aktivitas menjadi terhambat.

Ia mengaku, untuk melewati lokasi itu harus bergelut dengan tumpukan tanah dan batang pohon yang tumbang.

"Meski sudah mulai dibersihkan akan tetapi untuk melewati masih belum bisa. Kalau ada mau lewat akan dibantu oleh Babinsa dan Babinkantibmas yang standby di lokasi," ujar Mutrizal.

Baca: Hujan Lebat Guyur Aceh Selatan, Beberapa Lokasi Terjadi Longsor

Tampak, anggota TNI dari Koramil 13/KT membantu mengevakuasi seorang nenek, diketahui bernama Siti Mariah (61) warga Desa Lawe Bulu Didi yang mengalami sakit sehingga harus menjalani pengobatan di Rumah Sakit Kluet Timur.

Menurut pengakuan Babinsa setempat, Kopda Zainal Amri nenek tersebut akan dibawa ke rumah sakit oleh keluarganya menggunakan sepeda motor, tapi di tengah jalan harus turun karena kendaraan tidak bisa melewati akibat longsor.

"Kami segera mengevakuasi nenek untuk melewati dari lokasi tanah longsor dengan mengangkat tubuhnya hingga membawa ke tempat yang aman," pungkasnya.

Baca: Tiga Warga Aceh Selatan yang Tersesat di Hutan Gampong Seulekat Ditemukan Selamat

Selain itu, Babinsa bersama Babinkantibmas dan Muspika serta pihak terkait juga terus berupaya membersihkan lokasi longsor secepat mungkin agar akses jalan yang lumpuh dapat segera normal.

Hingga berita ini diturunkan, upaya menuntaskan pekerjaan pembersihan tanah longsor akibat curah hujan tinggi terus dilakukan dengan menurunkan alat berat escavator.(*)

Penulis: Taufik Zass
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved