Banjir Kepung Enam Kabupaten

Hingga Selasa sore kemarin setidaknya enam kabupaten di Aceh dikepung banjir akibat meningkatnya

Banjir Kepung Enam Kabupaten
Warga berjalan melintasi banjir di depan sebuah masjid akibat luapan Sungai Teunom di Blang Baro, Aceh Jaya, Selasa (16/10). Luapan air Sungai Teunom dan tiga sungai lainnya mengakibatkan tujuh kecamatan digenangi banjir hingga ketingggian 1,5 meter di Kabupaten Aceh Jaya. ANTARA/Irwansyah Putra 

* Jembatan Putus, Proses Belajar Mengajar Lumpuh

BANDA ACEH - Hingga Selasa sore kemarin setidaknya enam kabupaten di Aceh dikepung banjir akibat meningkatnya intensitas hujan dalam tiga hari terakhir. Wilayah yang terendam meliputi Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Selatan, Pidie, dan Aceh Tengah.

Data sementara hingga tadi malam, wilayah terparah dihantam banjir adalah Kabupaten Aceh Jaya akibat hujan deras sejak Senin (15/10) siang.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Jaya menyebutkan, banjir merendam setidaknya 44 desa dalam tujuh kecamatan di wilayah tersebut yaitu Pasie Raya, Teunom, Panga, Krueng Sabee, Setia Bakti, Darul Hikmah, dan Sampoiniet dengan jumlah warga terdampak mencapai hampir 10.000 orang.

Kabid Pencegahan dan Penanggulangan BPBK Aceh Jaya, Ismail melaporkan, banjir mulai merendam sejak Senin (15/10) malam sekitar pukul 20.45 WIB.

Keuchik Timphuen, Kecamatan Pasie Raya, Syarkawi menginformasikan ketinggian air di kampungnya bervariasi antara satu hingga dua meter. Banyak rumah tenggelam, masyarakat harus dievakuasi dengan sampan. Akses ke Pasie Raya dari Kecamatan Teunom putus total, hanya bisa ditempuh dengan sampan atau speedboat,” kata Syarkawi.

Dandim 0114/Aceh Jaya, Letkol Kav Andhie Suryatama mengatakan telah mengerahkan seluruh personel jajarannya sejak Senin (15/10) malam untuk memantau dan membantu mengevakuasi setiap warga yang menjadi korban banjir.

Di Aceh Barat, banjir merendam 21 desa dalam delapan kecamatan, Selasa (16/10). Sebuah rumah amblas ke dasar sungai Krueng Meureubo. Transportasi darat Meulaboh-Kuala Bhee terganggu.

Desa yang dikepung banjir di Kecamatan Bubon 1 desa, Samatiga 1 desa, Johan Pahlawan 1 desa, Woyla Timur 2 desa, Woyla 1 desa, Arongan Lambalek 1 desa, Woyla Barat 13 desa, dan Kaway XVI 1 desa. Rumah yang amblas di Desa Keuramat, Kecamatan Kaway XVI.

Penyebab banjir di Aceh Barat karena luapan Krueng Meureubo dan Krueng Woyla. Koordinator TRC BPBD Aceh Barat, Kismar Turangga yang ditanyai Serambi kemarin mengatakan, desa yang paling banyak terendam di Kecamatan Woyla Barat. “Tim masih terus melakukan langkah penanggulangan,” katanya.

Halaman
123
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved