Tiap 5,5 Detik 1 Honda Lahir

Pabrik PT Astra Honda Motor (AHM) Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, melahirkan satu sepeda motor

Tiap 5,5 Detik 1 Honda Lahir
GM CORPORATE Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin (kanan) dan GM Plant AHM Cikarang, Dodi Sutriadi, menunjukkan proses perakitan sepeda motor di pabrik AHM kawasan Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (16/10). 

BEKASI - Pabrik PT Astra Honda Motor (AHM) Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, melahirkan satu sepeda motor (sepmor) Honda di setiap 5,5 detiknya. PT AHM terus berusaha memenuhi kebutuhan dan ekspektasi masyarakat melalui berbagai produk sepmor Honda sebagai. Salah satu kontribusi terbesar, jutaan sepmor Honda lahir setiap tahun, angka yang cukup fantastis.

GM Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin, menyampaikan hal ini dalam konferensi pers di Pabrik PT AHM Cikarang, Selasa (16/10). Konferensi pers ini dihadiri 27 media dari 27 Provinsi di Indonesia, termasuk Serambi dari Aceh. “Hanya dalam 5,5 detik saja, satu sepeda motor selesai dirakit di Pabrik AHM Cikarang,” ujarnya.

Adapun kapasitas produksi per tahunnya, kata Ahmad Muhibuddin, mencapai 2,25 juta unit dengan rangkaian proses produksinya terbagi menjadi beberapa bagian, mulai perakitan mesin, frame, pembuatan bodi, pengecatan, hingga perakitan unit.

Ia menjelaskan di Pabrik AHM Cikarang seluas lahan 30 hektare dan luas bangunan 10,6 hektare, beberapa produk yang selama ini menjadi kendaraan andalan masyarakat diproduksi, satu di antaranya Honda BeAT Series.

“Hingga saat ini BeAT series masih menjadi sepeda motor terlaris di Indonesia dengan populasi lebih dari 12 juta unit sejak pertama kali diproduksi,” sebut GM Ahmad Muhibbuddin.

Ia menerangkan, selain BeAT series yang masih mendominasi, di Pabrik PT AHM kawasan Industri MM2100, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat ini, juga lahir segmen lainnya, ada Honda Vario 110 dan Honda Scoopy yang memenuhi keinginan konsumen dengan jiwa stylish.

“Model lain, Honda Vario 125 diproduksi di pabrik Cikarang, mewakili kebutuhan konsumen atas kendaraan harian dengan tetap memberikan performa yang handal,” ujar Ahmad.

Di luar soal produksi Sepmor Honda, kata Ahmad, di Pabrik AHM Cikarang bekerja lebih 8.000 karyawan, termasuk di antaranya karyawan yang berasal dari warga di lingkungan sekitar pabrik. Total sumber daya manusia (SDM) tersebut mendukung kinerja pabrik untuk memenuhi permintaan masyarakat.

Di sisi lain, Pabrik AHM Cikarang juga menjadi salah satu pabrik kebanggaan bangsa, karena telah mampu menghasilkan beragam sepeda motor berkualitas untuk memenuhi kebutuhan transportasi di negara lain. Beberapa model yang diproduksi sudah menjadi komoditas ekspor, seperti Honda BeAT, Vario 125, Vario 150, dikapalkan secara utuh (CBU) ke Filipina.

Kemudian ekspor dalam bentuk terurai (compeletly knocked down atau CKD) dikirim ke Filipina, Kamboja, dan Malaysia.

“Model yang paling banyak diekspor adalah Honda BeAT dengan tujuan Filipina. Hingga September lalu, AHM telah mengekspor 124.825 unit sepeda motor Honda. Kontributor terbesarnya berasal dari pabrik Cikarang,” tambah GM Plant AHM Cikarang, Dodi Sutriadi.

Ia mengungkapkan perusahaan terus berkontribusi kepada masyarakat melalui penyerapan tenaga kerja pada pabrik-pabrik yang beroperasi di berbagai kawasan, termasuk dalam pemenuhan pasar ekspor.

”Kami selalu menjaga kualitas produksi di pabrik AHM dengan menerapkan quality system yang baik. Aplikasi robotik dan teknologi canggih lainnya juga membantu mencapai efektivitas dan efisiensi pabrik dengan kontrol SDM yang mumpuni,” demikian GM Plant AHM Cikarang, Dodi. (mir)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved