Breaking News:

Sampah Plastik Sempat Menumpuk, Petugas DLHK3 Bersihkan PPS Lampulo 

Mereka mengangkut ratusan botol plastik bekas di tempat sandaran kapal itu menggunakan alat jaring (sawok).

ist
Petugas DLHK3 Banda Aceh dan petugas dari PPS Lampulo membersihkan sampah dekat sandaran kapal di pelabuhan tersebut, Jumat (19/10/2018). 

Laporan Eddy Fitriady | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Sejumlah petugas dari Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh bersama petugas UPTD Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kutaraja Lampulo, membersihkan sampah plastik yang mengapung di perairan tersebut, Jumat (19/10/2018). 

Mereka mengangkut ratusan botol plastik bekas di tempat sandaran kapal itu menggunakan alat jaring (sawok).

Kepala DLHK3 Banda Aceh, Drs T Samsuar MSi kepada Serambinews.com di sela pembersihan itu mengatakan, aksi tersebut untuk menstimulus petugas kebersihan PPS Lampulo agar menjaga kebersihan di kompleks pelabuhan itu. 

“Kami coba bantu bersihkan lokasi tersebut meskipun bukan tupoksi para petugas DLHK3,” ujarnya.

Baca: 4 Cara Tangani Membludaknya Sampah Plastik di Dunia

Baca: Indonesia Penyumbang Sampah Plastik Terbesar ke-2 di Dunia, 3,2 Juta Ton Dibuang ke Laut

Ibarat sebuah rumah, kata Samsuar, penghuni kompleks PPS Lampulo seharusnya bertanggung jawab atas kebersihan dan keindahan lingkungannya. 

Sebab tugas DLHK3 yakni mengangkut sampah di dalam kontainer PPS Lampulo lalu membuangnya ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Pihaknya menemukan beragam sampah plastik seperti botol minuman, kantong kresek, goni, bangkai ikan, hingga genangan oli di dekat sandaran kapal. 

“Lokasi itu setahu saya bukan tempat untuk perbaikan boat, dan tidak sepatutnya oli dibuang ke laut. Kami berharap ada upaya pembenahan dari UPTD pelabuhan,” kata dia.

Menurut Kepala DLHK3 Banda Aceh, pihak UPTD PPS Lampulo seharusnya mengingatkan para awak boat, pedagang ikan, para muge, dan masyarakat di sekitar agar tidak mengotori laut. (*)

Penulis: Eddy Fitriadi
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved