Hari Santri Nasional

Jadi Pembina Apel Hari Santri Nasional di Tebuireng, Prabowo: Kemerdekaan Tak Lepas dari Peran Ulama

Apel tersebut digelar dan diikuti ribuan santri untuk memperingati Hari Santri Nasional (HSN) yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober.

Jadi Pembina Apel Hari Santri Nasional di Tebuireng, Prabowo: Kemerdekaan Tak Lepas dari Peran Ulama
KOMPAS.com/Moh. Syafii
Calon Presiden RI, Prabowo Subianto, menjadi pembina upacara dalam apel peringatan Hari Santri Nasional (HSN) di Tebuireng Jombang, Senin (22/10/2018).(KOMPAS.com/Moh. Syafii) 

SERAMBINEWS.COM, JOMBANG - Calon Presiden RI Nomor urut 02 Prabowo Subianto didaulat sebagai pembina upacara dalam Apel Hari Santri Nasional (HSN), di kawasan parkir makam Gus Dur, Senin (22/10/2018).

Kawasan itu lokasinya berada di sebelah Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur.

Apel tersebut digelar dan diikuti ribuan santri untuk memperingati Hari Santri Nasional (HSN) yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober.

Prabowo bersama Cawapresnya, Sandiaga Uno, datang ke lokasi Apel Hari Santri Nasional (HSN) setelah menggelar pertemuan tertutup dengan KH. Salahuddin Wahid (Gus Sholah) bersama jajaran pengasuh dan melakukan ziarah ke makam pendiri NU, KH. Hasyim Asy'ari.

Apel hari santri dilaksanakan seperti layaknya apel seperti biasanya.

Namun, di sela apel, para peserta apel menyanyikan lagu Subbanul Wathan, ciptaan KH. Abdul Wahab Chasbullah, salah satu Kyai pendiri NU dari Pesantren Tambakberas.

Dalam amanatnya, Prabowo meminta santri untuk selalu mengenang jasa dan meneladani para kyai pendiri NU yang selalu berjuang bagi bangsa Indonesia.

Baca: KPK Sebut Irwandi Yusuf Juga Terlibat Dugaan Korupsi Gratifikasi Jabatan, Ini Totalnya

Baca: Warga Subulussalam Diimbau Segera Urus KTP, Disdukpencapil: Batas Perekaman Desember 2018

Menurut Prabowo, keberhasilan bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan tidak lepas dari peran ulama, khususnya KH. Hasyim Asy'ari.

Meletusnya peristiwa 10 November 1945 yang menjadi tonggak keberhasilan bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan, menurut dia tidak lepas dari peran ulama yang mencetuskan resolusi jihad.

Resolusi Jihad yang dimaksud Prabowo, dicetuskan Rais Akbar PBNU, KH. Hasyim Asy'ari, pada 22 Oktober 1945 setelah menerima masukan dari sejumlah kyai, kala itu.

Halaman
123
Editor: faisal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved