Breaking News:

Realisasi RPJM Pidie Sangat Rendah

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Pidie, Iskandar Siddiq, Minggu (21/10) mengatakan, realisasi Rencana

SERAMBINEW.COM/M NAZAR
DPRK Pidie 

SIGLI - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Pidie, Iskandar Siddiq, Minggu (21/10) mengatakan, realisasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) selama satu tahun berjalan, masih sangat rendah.

Ia mencontohkan, program pembangunan jalan tembus di Kecamatan Tangse yang telah diprogramkan pada tahun 2017, hingga menjelang akhir tahun 2018 belum juga terealisasi. Padahal, penanganan ruas jalan bagi masyarakat pedalaman di Pidie tersebut mutlak dibutuhkan untuk meningkatkan produktifitas usaha pertanian dan perkebunan di daerah itu.

Ia pun mendorong Pemkab Pidie menggenjot kinerja SKPK, terutama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), agar program RPJM yang telah dirancang segera direalisasikan. Sehingga tidak membuat masyarakat kecewa.

“Jika program pembangunan yang telah dijanjikan itu tidak segera direalisasikan, maka akan memperburuk citra pemerintah di mata publik. Dan ini akan menjadi bom waktu yang mesti segera diantisipasi,” jelasnya.

Pelaksana Tugas Kepala Bappeda Pidie, M Ridha SSos MSi yang dihubungi Serambi kemarin, mengatakan bahwa pembangunan ruas jalan tembus tersebut tetap dikerjakan, namun pihaknya mesti mengedepankan pembangunan berdasarkan skala prioritas. Artinya, program ini belum mendesak untuk dilakukan, karena terdapat program pembangunan lain yang lebih mendesak.

“Seperti halnya pembangunan jembatan dan jalan yang merupakan akses utama masyarakat, yang kini telah rusak akibat bencana alam maupun faktor lainnya,” jelas M Ridha.

Soal realisasi RPJM, ia mengatakan sejak 2017 hingga saat ini, program tersebut terus berjalan. Malahan realisasi RPJM kini telah berjalan di atas 7 persen. “Jadi jangan menilai pada satu titik saja. Akan tetapi mesti dilihat secara menyeluruh,” katanya.

Ia menambahkan, realisasi sebuah program yang direncanakan dalam RPJM, sangat ditentukan oleh kemampuan dan ketersedian dana,” katanya.(c43)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved