Jembatan Diganti Bailey

Jembatan penghubung antara Kabupaten Aceh Tengah menuju Kabupaten Nagan Raya

Jembatan Diganti Bailey
PARA pekerja sedang merakit jembatan bailey di kawasan Kampung Paya Kolak, Kecamatan Celala, Kabupaten Aceh Tengah, Selasa (23/10). Jembatan yang menghubungkan Takengon-Nagan Raya itu, rusak digerus air deras beberapa waktu lalu. 

* Jalur Aceh Tengah Menuju Nagan Raya

TAKENGON - Jembatan penghubung antara Kabupaten Aceh Tengah menuju Kabupaten Nagan Raya di Kampung Paya Kolak, Kecamatan Celala yang amblas, diganti dengan jembatan bailey. Jembatan yang berasal dari Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Aceh sudah dibawa ke lokasi untuk dipasang dan diperkirakan akan rampung dalam tiga hari mendatang.

Camat Celala, Salman Nuri, kepada Serambi, Selasa (23/10) mengatakan, rangka jembatan bailey sudah mulai dirakit dan segera dipasang. “Pemasangan jembatan bailey dilakukan di atas jembatan yang amblas,” ujarnya, seraya menambahkan jembatan lama sangat rentan jika difungsikan.

Disebutkan, selama proses pemasangan jembatan bailey, arus kendaraan tetap lancar dari Takengon menuju Nagan Raya. Begitu juga sebaliknya, karena proses pengerjaan dilakukan di sisi jembatan. “Para pekerja sudah merakit jembatan yang diperkirakan tiga hari rampung dan tidak mengganggu akses kendaraan,” sebutnya.

Menurut Salman, pekerjaan pemasangan jembata bailey harus disegerakan, karena jembatan yang amblas tidak memungkinkan untuk digunakan terus-menerus, lantaran kondisi kerusakannya sudah parah. “Kalau amblasnya semakin parah, sudah pasti kendaran tidak bisa lewat. Tapi, Alhamdulillah bisa cepat ditangani, sehingga akses kedua kabupaten tidak terganggu,” tuturnya.

Untuk mempercepat proses pekerjaan, para pengguna jalan maupun masyarakat diminta untuk mematuhi rambu-rambu serta arahan dari para pekerja jembatan, sehingga tidak menggangu proses perbaikan jembatan. “Jembatan ini merupakan akses utama, sehingga penanganannya harus cepat. Dan butuh kerjasama dari semua pihak, termasuk para pengguna jalan,” pungkasnya.

Menanggapi adanya perbaikan akses dari Kota Takengon menuju Nagan Raya, di kawasan Kampung Paya Kolak, Kecamatan Celala, Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar menyebutkan, struktur jembatan Bailey diharapkan dapat membuat jembatan tersebut tahan lama.

“Masyarakat agar bersabar, saat ini jembatan Paya Kolak sedang dalam pekerjaan, semoga cepat selesai dan aktivitas masyarakat kembali lancar,” kata Shabela.

Dilansir sebelumnya, jembatan penghubung Aceh Tengah-Nagan Raya, di kawasan Kampung Paya Kolak, Kecamatan Celala, Aceh Tengah, Senin (15/10) malam, sekira pukul 22.00 WIB, amblas digerus air deras. Akibatnya akses menuju Nagan Raya, terganggu karena jembatan sulit dilalui kendaraan.

Camat Celala, Salman Nuri, Selasa (16/10) mengatakan jembatan yang amblas tersebut, panjangnya sekitar enam meter, namun menjadi akses utama yang menghubungkan Takengon dengan Nagan Raya. “Abutment jembatan digerus air sungai yang deras, sehingga badan jembatan menjadi turun,” kata Salman Nuri.

Dikatakan, awalnya, amblasnya jembatan tidak terlalu parah, hanya beberapa sentimeter dan sudah ada upaya diperbaiki secara bergotong-royong dengan cara menutupi jembatan dengan material agar kendaraan bisa lewat. “Justru material yang ditimbun di jembatan, menambah beban, sehingga amblasnya jembatan semakin dalam,” ungkapnya.

Menurut Camat Celala ini, kondisi amblasnya jembatan sudah hampir dua meter, sehingga semakin sulit untuk dilintasi kendaraan. Namun, adanya upaya dari masyarakat yang turun membantu melakukan perbaikan secara darurat, sehingga masih bisa dilintasi kendaraan.

Sedangkan Kepala Pelaksana BPBD Aceh Tengah, Thamrin Elasri yang dihubungi Serambi, menyebutkan, ruas jalan Takengon-Nagan Raya, merupakan jalan nasional sehingga ditangani oleh pihak PPK 7. “Begitu kita mendapat laporan adanya kerusakan jembatan, langsung disampaikan ke pihak PPK-7 karena statusnya ruas jalan nasional,” kata Thamrin Elasri.(my)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved