Donasi Aceh untuk Palu Lampaui Angka Rp 2 M

Donasi Aceh untuk Palu yang dibuka sejak 29 September 2018 atau sehari pascagempa dan tsunami

Donasi Aceh untuk Palu Lampaui Angka Rp 2 M
Kadis Pendidikan Aceh, Syaridin didampingi pejabat di jajarannya menyerahkan bantuan uang Rp 742.500.000 untuk korban gempa Palu-Donggala yang diterima oleh Kalak BPBA, HT Ahmad Dadek didampingi Kadis Sosial Aceh, Alhudri dan tim pendukung penggalangan Donasi Aceh untuk Palu di Kantor BPBA, Rabu (24/10). 

* Keluarga Besar Disdik Sumbang Rp 742.500.000

BANDA ACEH - Donasi Aceh untuk Palu yang dibuka sejak 29 September 2018 atau sehari pascagempa dan tsunami yang menerjang sejumlah wilayah di Sulawesi Tengah (Sulteng), termasuk Palu dan Donggala sudah melampaui angka Rp 2 miliar dari target awal Rp 1 miliar.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBA, HT Ahmad Dadek didampingi Kadis Sosial Aceh, Alhudri selaku koordinator penggalangan Donasi Aceh untuk Palu kepada Serambi mengatakan, hingga posisi 24 Oktober 2018 donasi yang terhimpun (baik yang masih komitmen maupun yang sudah realisasi) mencapai Rp 2.045.254.490. “Diperkirakan jumlah yang berdonasi masih terus bertambah,” kata Dadek deibenarkan Alhudri.

Aksi penggalangan Donasi Aceh untuk Palu didukung oleh Forum Pengurangan Risiko Bencana (F-PRB) Aceh bersama sejumlah organisasi lainnya seperti Aksi Cepat Tanggap (ACT), RAPI, Forum LSM Aceh, Alumni BRR NAD-Nias, dan Yayasan Beudoh Gampong.

Menurut Dadek, pergerakan donasi hingga mencapai angka Rp 2 miliar lebih pada posisi Rabu kemarin setelah Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Aceh, Syaridin SPd MPd merealisasikan komitmen bantuan dari keluarga besar Disdik Aceh Rp 742.500.000. Sedangkan sehari sebelumnya, ‘suntikan’ bantuan yang relatif besar juga diterima dari Pemkab Aceh Selatan sebesar Rp 159.325.000.

Kadisdik Aceh mengatakan sumbangan dari keluarga besar Disdik Aceh diamanahkan untuk korban gempa di Sulteng. “Bantuan ini sebagai bentuk kepedulian Aceh khususnya keluarga besar Dinas Pendidikan untuk saudara-saudara kita yang sedang tertimpa bencana,” kata Syaridin ketika menyerahkan bantuan itu kepada Kalak BPBA, HT Ahmad Dadek. Pada kesempatan itu Syaridin didampingi Kabid Pembinaan SMA/PKLK Zulkifli, Kepala SMAN 5 Banda Aceh Usman, Kepala SMAN 1 Padang Tiji Razali, Kepala SMAS Granada Mursalin, pejabat dari Cabang Dinas Wilayah Pidie/Pidie Jaya, dan Staf Ahli Disdik Aceh Aziz Hamzah.

Hasil penggalangan Donasi Aceh untuk Palu, sebagaimana arahan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah akan disalurkan pada fase rehab rekons Sulteng yang juga diharapkan bisa membangun masjid di lokasi yang akan ditentukan lebih lanjut.

Jika rencana itu terwujud, kata Dadek, maka Aceh akan membangun masjid kedua di lokasi bencana tahun ini setelah sebelumnya melalui aksi ‘Aceh Peduli Lombok’ terhimpun dana Rp 1,1 miliar yang digunakan membangun kembali Masjid An-Nur di Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara yang hancur total akibat gempa. Peletakan batu pertama pembangunan Masjid An-Nur akan dilakukan Plt Gubernur Aceh, Sabtu 27 Oktober 2018. (nas)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved