Penyidikan Kasus Irwandi Rampung, KPK Limpahkan Kasus ke Pengadilan

Penyidikan terhadap tiga orang tersangka dalam kasus dugaan suap terkait DOK Aceh telah selesai

Penyidikan Kasus Irwandi Rampung, KPK Limpahkan Kasus ke Pengadilan
Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi Febri Diansyah (KOMPAS.com/Abba Gabrilin) 

Laporan Subur Dani | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah merampungkan penyidikan terhadap tiga tersangka kasus dugaan suap dana otonomi khusus Aceh (DOKA) 2018.

Ketiga tersangka adalah gubernur nonaktif Aceh, Irwandi Yusuf, T Saiful Bahri, dan Hendri Yuzal.

Dengan selesainya penyidikan terhadap ketiga tersangka, Selasa (30/10/2018) hari ini, KPK melimpahkan barang bukti dan ketiga tersangka ke Pengadilan Tipikor Jakarta untuk dilakukan penuntutan tahap dua.

Baca: PNA: KPK Bunuh Karakter Irwandi

DARI kiri, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, Bupati Bener Meriah Ahmadi, Staf khusus Gubernur Aceh Hendri Yuzal, dan T Syaiful Bahri bersiap menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (6/7). KPK melakukan pemeriksaan lanjutan terhadap empat tersangka untuk melakukan pengembangan terkait kasus suap “fee” dari proyek pembangunan infrastruktur dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) Provinsi Aceh Tahun Anggaran 2018.
DARI kiri, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, Bupati Bener Meriah Ahmadi, Staf khusus Gubernur Aceh Hendri Yuzal, dan T Syaiful Bahri bersiap menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (6/7). KPK melakukan pemeriksaan lanjutan terhadap empat tersangka untuk melakukan pengembangan terkait kasus suap “fee” dari proyek pembangunan infrastruktur dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) Provinsi Aceh Tahun Anggaran 2018. (DOK SERAMBINEWS.COM)

"Penyidikan terhadap tiga orang tersangka dalam kasus dugaan suap terkait DOK Aceh telah selesai. Hari ini dilakukan pelimpahanan barang bukti dan tiga tersangka TPK suap terkait dengan pengalokasian dan penyaluran dana otonomi khusus Aceh (DOKA) tahun anggaran 2018 ke penuntutan (tahap 2)," kata Febri Diansyah dalam keterangannya kepada Serambinews.com malam ini.

Khusus untuk gubernur nonaktif Aceh, Irwandi Yusuf, KPK juga telah menyelesaikan penyidikan terkait kasus dugaan gratifikasi dalam pembangunan dermaga Sabang tahun anggaran 2006-2012.

Sebagaimana diketahui, Irwandi Yusuf dijerat dua kasus dugaan suap oleh KPK, kasus DOKA 2018 dan gratifikasi yang mencapai Rp 32 miliar dalam pembangunan dermaga Sabang saat dirinya menjabat sebagai Gubernur Aceh periode 2006-2012.

Baca: KPK: Jangan Tarik Kasus Irwandi ke Politik

Dengan dilimpahkan tiga tersangka tersangka terakhir kemarin, artinya KPK sudah memiliki bukti kuat untuk memejahijaukan Irwandi cs dalam kasus rasuah tersebut.

"Dalam waktu dekat direncanakan akan dibawa ke persidangan, yaitu terhadap Irwandi Yusuf, berkas yang dilimpahkan adalah berkas dalam penyidikan dugaan suap terkait DOK Aceh dan dugaan penerimaan gratifikasi dermaga Sabang. Kedua T Saiful Bahri, dan ketiga Hendri Yuzal. Rencana sidang dilakukan di Pengadilan Tipikor Jakarta," kata Febri Diansyah. (*)

Penulis: Subur Dani
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved